Cara Mengakses Folder Startup Windows 10

Dini Listiyani · Minggu, 17 Oktober 2021 - 13:05:00 WIB
Cara Mengakses Folder Startup Windows 10
Cara Mengakses Folder Startup Windows 10

JAKARTA, iNews.id - Ketika memulai komputer untuk pertama kalinya atau setiap kali mem-booting ulang, aplikasi akan diluncurkan bersama Windows. Aplikasi yang dimaksud termasuk aplikasi Messeger, webcam, kontrol audio, dan sebagainya. 

Beberapa aplikasi ini dimaksudkan untuk dijalankan pada background dan mungkin diperlukan, seperti Google Drive sehingga bisa menawarkan akses kepada pengguna ke file tersinkronisasi terbaru. Namun, terkadang, aplikasi startup ini dapat memperlambat waktu boot komputer. 

Masalah perlambatan wakto boot komputer bisa berpengaruh, terutama bagi pengguna komputer lama dengan hardware yang sudah menua. Di sinilah folder startup berguna, di mana Anda pada dasarnya bisa memasukkan aplikasi ke dalamnya atau menghapusnya untuk mengelola aplikasi mana yang diluncurkan setiap kali komputer booting. 

Menemukan Folder Startup
Ketika datang ke folder startup, sebenarnya ada dua. Ini karena Windows memungkinkan untuk beberapa akun pengguna di satu komputer, jadi sebenarnya ada folder startup untuk semua pengguna. Artinya aplikasi di folder ini akan diluncurkan terlepas dari siapa yang masuk ke komputer, dan yang lainnya adalah untuk pengguna saat ini, yang berarti bahwa aplikasi di folder ini hanya akan diluncurkan untuk pengguna tertentu.

Untuk menemukan folder startup untuk semua pengguna, tekan Windows Key + R untuk membuka kotak dialog Run, dan ketik "shell:common startup" (tanpa tanda kutip) dan klik OK. Untuk menemukan folder startup untuk pengguna saat ini, tekan Windows Key + R untuk membuka kotak dialog Run, dan ketik "shell:startup" (tanpa tanda kutip) dan klik OK.

Editor : Dini Listiyani

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: