Cara Mengatasi Laptop Hang Dengan Mudah dan Simpel

Dini Listiyani ยท Kamis, 20 Agustus 2020 - 15:05:00 WIB
Cara Mengatasi Laptop Hang Dengan Mudah dan Simpel
Cara mengatasi laptop hang (Foto: Unsplash)

JAKARTA, iNews.id - Cara mengatasi laptop hang tidak mudah bagi sebagian orang. Bila menemukan laptop tidak responsif dan tiba-tiba freeze atau hang, Anda perlu memeriksanya secara menyeluruh.

Awalnya, Anda perlu mengidentifikasi penyebab sebenarnya di balik masalah hang komputer. Tujuannya untuk mengetahui apakah laptop hang disebabkan oleh software atau hardware.

Di sebagian besar sistem operasi seperti Windows 10, Windows 7, Windows XP, orang mengalami masalah hang. Entah karena intermiten atau hardware lain di komputer, sebagaimana dikutip dari ifixscreens, Kamis (20/8/2020).

Hardware bisa menjadi tidak sempurna seiring waktu karena kotoran atau masalah panas. Jika beberapa aplikasi dan program sedang berjalan atau RAM tidak mencukupi, laptop atau PC Anda akan berjalan lambat. Lantas bagaimana cara mengatasi laptop hang?

Cara terbaik dan mudah untuk memperbaiki PC atau laptop adalah dengan menekan dan menahan tombol Ctrl, Alt, dan Del secara berurutan. Cara ini dapat unfreeze komputer atau memunculkan opsi memulai ulang, mematikan, atau membuka pengelola tugas.

Buka pengelola tugas dan lihat apakah program terdaftar sebagai ‘not responding.’ Jika ada, klik judul program itu dan tekan ‘end task.’ Selain itu, Anda dapat mematikan komputer dengan menggunakan tombol daya.

Di sisi lain, software malware juga dapat menyebabkan hang acak dan masalah kinerja lainnya di Windows. Software antivirus terkadang dapat menyebabkan masalah kinerja di Windows.

Hal ini biasa terjadi jika software antivirus Anda kedaluwarsa atau menjalankan lebih dari satu software pada PC Anda secara bersamaan. Jika Anda menginstal beberapa solusi antivirus, hapus semua kecuali satu. Periksa update penginstalan untuk software antivirus Anda.


Editor : Dini Listiyani