Cara Mengatasi Wifi Lemot Enggak Pakai Ribet

Dini Listiyani ยท Jumat, 30 September 2022 - 10:57:00 WIB
Cara Mengatasi Wifi Lemot Enggak Pakai Ribet
Cara Mengatasi Wifi Lemot Enggak Pakai Ribet (Foto: Jadon Kelly/Unsplash)

JAKARTA, iNews.id - Mendapati jaringan Wifi lemot memang tidak menyenangkan. Namun, ada cara mengatasi Wifi lemot enggak pakai ribet yang dapat dicoba. 

Segala kegiatan di smartphone sekarang membutukan jaringan internet agar bisa digunakan. Misalnya, keperluan berbelanja online hingga belajar secara daring. 

Terdapat banyak alasan mengapa Wifi menjadi lamban. Karena, banyak faktor yang memengaruhi kecepatan Wifi, kemungkinan agak sulit menentukan masalah dan memperbaikinya. 

Namun, selalu ada jalan untuk itu. Jika Wifi tiba-tiba lambat dan sepertinya Anda tidak dapat menemukan masalahnya, coba cari tahu penyelesaiannya di sini. 

Cara Mengatasi Wifi Lemot Enggak Pakai Ribet

1. Restart Router
Restart router menjadi solusi dalam banyak situasi Wifi yang lambat. Anda hanya perlu mematikan router selama 10-15 detik dan menyalakannya kembali. 

Sebagian besar router memiliki switch matikan di bagian belakang. Tapi, Anda juga dapat mencabut adaptor guna memutuskan daya dan mematikannya. Setelah restart selesai, coba gunakan lagi. 

2. Cek Perangkat yang Menggunakan Wifi
Total bandwidth jaringan Wifi di bagi antara perangkat yang saat ini terhubung dengannya dan program berat bandwidth apa pun yang berjalan di satu perangkat akan memengaruhi kecepatan internet perangkat lain. Biasanya, tugas seperti menjelajahi web tidak memiliki pengaruh besar. 

Tapi, jika seseorang bermain game atau streaming video atau mengunduh file besar di perangkat, itu dapat secara dramatis memengaruhi bandwidth jaringan perangkat lain. Jadi, pastikan tak ada yang menggunakan jaringan Wifi untuk konten berat. 

3. Tambahkan Pelindung Wifi
Jika WiFi Anda tidak cukup aman, maka seseorang dapat menyambungkannya dan menggunakan bandwidth Anda. Anda harus menggunakan keamanan WPA2, karena saat ini merupakan protokol paling canggih untuk mengamankan WiFi Anda. 

Anda harus mengubah kata sandi dari antarmuka utama perute yang dapat diakses dengan memasukkan alamat IP perute di bilah alamat peramban Anda, sebagaimana dikutip dari Beebom. 

Editor : Dini Listiyani

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda