Cara Mengetahui Password Wifi di Laptop

Dini Listiyani ยท Rabu, 12 Mei 2021 - 11:17:00 WIB
Cara Mengetahui Password Wifi di Laptop
Cara Mengetahui Password Wifi di Laptop (Foto: Unsplash)

JAKARTA, iNews.id - Cara mengetahui password Wifi di laptop cukup mudah. Cara mengetahui wifi di laptop perlu dipahami oleh orang-orang yang tidak ingin repot bertanya-tanya lagi.

Sejumlah rumah sekarang sudah memasang Wifi agak perangkat mereka terkoneksi ke internet. Saat berkunjung ke rumah teman, menanyakan password Wifi terkadang membuat segan.

Apalagi saat sang pemilik rumah sedang sibuk. Karena tidak ingin mengganggu pemilik rumah yang sedang sibuk, Anda bisa mencari tahu sendiri password Wifi-nya. 

Anda bisa mengambil password Wifi dari perangkat Anda yang sudah terhubung dan mengetikkannya pada perangkat yang lain. Begini cara mengetahui password Wifi di laptop.

1. Cara Mengetahui password Wifi di Laptop Windows
Windows membuatnya mudah, selama Anda saat ini terhubung ke jaringan yang dimaksud. Buka menu Start dan cari "Status Jaringan", lalu klik tombol Change Adapter Options yang muncul di menu pengaturan. 

Klik kanan pada adaptor Wi-Fi komputer Anda dalam daftar, pilih Status> Wireless Properties. Di bawah tab Keamanan, Anda akan melihat kotak kata sandi dengan titik-titik di dalamnya — klik kotak Tampilkan Karakter untuk melihat kata sandi muncul dalam teks biasa.

Jika Anda mencoba melihat kata sandi untuk jaringan yang saat ini tidak Anda sambungkan, segalanya akan sedikit lebih rumit. Anda dapat mengunduh aplikasi pihak ketiga seperti Magical JellyBean WiFi Password Revealer, yang akan menampilkan kata sandi dari semua jaringan yang disimpan.

Jika memilih untuk tidak menginstal perangkat lunak tambahan, Anda dapat menemukan kata sandi dari Command Prompt Windows. Buka Start Menu, cari "Command Prompt", dan klik kanan untuk Run As Administrator. Kemudian jalankan perintah berikut untuk melihat daftar jaringan Wi-Fi yang disimpan:

netsh wlan show profile

Pilih jaringan yang Anda inginkan dari daftar, lalu jalankan:

netsh wlan show profile MyNetwork key=clear

Ganti MyNetwork dnegan nama jaringan yang Anda temukan sebelumnya. Anda akan diberikan beberapa informasi tentang jaringan, termasuk Key Content atau password.

Editor : Dini Listiyani

Halaman : 1 2