Get iNews App with new looks!
inews
Advertisement
Aa Text
Share:
Read Next : 5 Cara Menggunakan Mendeley di Word untuk Pemula
Advertisement . Scroll to see content

Cara Menggunakan Mendeley Bagi Pemula

Rabu, 05 April 2023 - 12:06:00 WIB
Cara Menggunakan Mendeley Bagi Pemula
Cara menggunakan Mendeley bagi pemula (Foto: Mendeley)
Advertisement . Scroll to see content

JAKARTA, iNews.id - Cara menggunakan Mendeley bagi pemula, sebuah aplikasi yang digunakan untuk menulis referensi. 

Mendeley adalah sebuah aplikasi manajemen referensi yang populer digunakan oleh para peneliti, mahasiswa, dan akademisi untuk mengorganisir referensi dan sumber informasi lainnya. 


Dalam artikel ini, kita akan membahas cara menggunakan Mendeley untuk mengatur referensi, membuat daftar kutipan, dan menulis sebuah karya tulis ilmiah.


Berikut cara menggunakan Mendeley bagi pemula.


1. Mendaftar Akun Mendeley


Untuk memulai, buat akun di Mendeley dengan mengunjungi situs resmi Mendeley dan klik tombol "Sign up". Setelah itu, ikuti langkah-langkah registrasi yang diminta. 

Setelah berhasil mendaftar, download aplikasi Mendeley Desktop ke komputer.


2. Mengimpor referensi


Setelah berhasil mendaftar, langkah selanjutnya adalah mengimpor referensi ke dalam Mendeley. Referensi dapat diimpor dari berbagai sumber seperti PDF, website, database, atau bahkan dari Microsoft Word.


Pilih "File" pada toolbar Mendeley Desktop, lalu pilih "Add files" dan pilih file referensi yang ingin diimpor. Mendeley akan secara otomatis mengambil metadata dari referensi tersebut dan menyimpannya ke dalam aplikasi.


3. Mengatur referensi


Setelah referensi berhasil diimpor, kita dapat mengatur dan mengelompokkan referensi sesuai dengan topik atau kategori yang diinginkan. 

Untuk mengelompokkan referensi, klik kanan pada salah satu referensi lalu pilih "Add to folder". 

Mendeley juga memungkinkan pengguna untuk menambahkan tag ke setiap referensi untuk mempermudah pengaturan dan pencarian.


4. Membuat daftar kutipan


Setelah referensi berhasil diatur, langkah selanjutnya adalah membuat daftar kutipan. Mendeley menyediakan fitur yang memungkinkan pengguna untuk membuat daftar kutipan dengan mudah. 

Untuk membuat daftar kutipan, buka Microsoft Word dan aktifkan plugin Mendeley yang telah diinstal. 

Pilih kutipan yang ingin ditambahkan ke dokumen dan klik pada tombol "Insert Citation" pada toolbar Mendeley. 

Pilih format kutipan yang diinginkan, seperti APA atau MLA, dan Mendeley akan menambahkan kutipan ke dokumen.

Follow WhatsApp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut