Cara Mengukur Jarak Google Maps di Android, iPhone, PC

Dini Listiyani ยท Selasa, 06 September 2022 - 19:12:00 WIB
Cara Mengukur Jarak Google Maps di Android, iPhone, PC
Cara Mengukur Jarak Google Maps di Android, iPhone, PC (Foto: Google Play Store)

JAKARTA, iNews.id - Mengukur jarak Google Maps dapat dilakukan di berbagai platform, termasuk mobile. Supaya lebih jelas, begini cara mengukur jarak Google Maps di Android, iPhone, PC. 

Salah satu dari banyak fitur Google Maps yang mungkin jarang orang tahu adalah mengukur jarak antara dua titik atau lebih. Mengukur jarak memungkinkan mengetahui seberapa jauh Anda harus pergi.

Dengan begitu, Anda bisa merencanakan perjalanan ke depan dengan lebih baik. Berikut ini cara untuk mengukur jarak di Google Maps yang mudah untuk dilakukan, sebagaimana dikutip dari Android Authority. 

Cara Mengukur Jarak Google Maps di Android, iPhone, PC

Mengukur Jarak di Google Maps Komputer

Hal pertama yang harus diperiksa adalah apakah Anda menggunakan Maps dalam mode Lite. Jika ada tanda petir di bagian bawah layar, Anda berada dalam mode Lite, artinya tidak akan dapat mengukur jarak antar titik. Buka versi lengkap Google Maps dari browser web Anda.

Pilih titik awal pada peta, apakah lokasi tertentu atau pin khusus. Kemudian, klik kanan pada titik awal Anda dan pilih Ukur jarak dari menu tarik-turun.

Kemudian, klik titik lain di peta untuk menghitung jarak di antara mereka. Anda mengikat poin sebanyak yang Anda suka untuk menghitung panjang total.

Jika membuat kesalahan, Anda dapat mengklik satu titik untuk menghapusnya. Atau, Anda dapat memindahkan titik dengan mengklik dan menyeretnya. 

Langkah ini berguna untuk mendapatkan pengukuran jarak yang lebih akurat ke medan karena Google Maps hanya mengukur jarak dalam garis lurus. Jarak total ditampilkan di titik terakhir Anda dan di kotak di bagian bawah. Setelah selesai mengukur jarak, klik ikon X.

Mengukur Jarak di Google Maps Mobile (Android dan iPhone)

Buka aplikasi Google Maps di perangkat seluler Anda. Sentuh dan tahan di mana saja pada peta untuk menjatuhkan pin merah sebagai titik awal Anda. Kemudian, dari deskripsi lokasi, ketuk Ukur jarak.

Selanjutnya, pindahkan peta untuk menambahkan garis bidik hitam pada titik berikut yang ingin Anda tambahkan. Lalu, di kanan bawah, tap Tambahkan titik. Anda dapat menambahkan poin sebanyak yang Anda suka, dan jarak total ditampilkan di bagian bawah layar.

Untuk menghapus titik terakhir yang Anda tambahkan, ketuk panah Urungkan. Untuk menghapus semua titik, di kanan atas, ketuk ikon tiga titik, lalu ketuk Hapus.

Editor : Dini Listiyani

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda