Cara Mengunci File Excel, Mudah dan Praktis!

Tangguh Yudha · Selasa, 15 November 2022 - 19:15:00 WIB
Cara Mengunci File Excel, Mudah dan Praktis!
Cara Mengunci File Excel (Foto: Microsoft 365/Unsplash)

JAKARTA, iNews.id - Menjaga data agar tidak bocor sangat penting agar informasi sensitif tidak jatuh ke tangan orang tidak bertanggung jawab. Beruntung, Microsoft memberikan kemampuan mengunci file. Ini cara mengunci file Excel.

Microsoft menyediakan fitur proteksi file Excel yang bisa digunakan secara mudah. Pengguna tidak perlu pusing untuk mengunci file pada dokumen Excel ini.

Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini agar dapat mengunci file pada dokumen Excel. Ini cara praktis dan mudah untuk digunakan seperti dilansir dari laman resmi Microsoft, Selasa (15/11/2022):

Cara Mengunci File Excel

1. Pilih File > Info

2. Pilih kotak Proteksi Buku Kerja dan pilih Enkripsikan dengan Kata Sandi

3. Masukkan kata sandi dalam kotak Kata Sandi, lalu pilih OK

4. Konfirmasikan kata sandi dalam kotak Memasukkan Kembali Kata Sandi, lalu pilih OK

5. File Excel anda sudah berhasil dikunci

Demikian cara mengunci file Excel. Dengan mengunci file Excel, siapa pun yang ingin membukanya harus memasukkan kata sandi dengan benar.

Jika tidak, data atau sheet yang ada didalamnya tidak dapat dilihat. Menariknya, tidak ada pembatasan pada kata sandi yang Anda gunakan terkait dengan panjang, karakter atau angka.

Perusahaan besar software ini hanya memberikan syarat kata sandi harus terdiri atas huruf besar kecil. Namun perlu diingat Microsoft tidak dapat memulihkan kata sandi yang terlupakan. 

Editor : Dini Listiyani

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda