Cegah Orang Tak Dikenal Undang ke Group WhatsApp, Begini Caranya

Okezone ยท Jumat, 17 Juli 2020 - 21:14 WIB
Cegah Orang Tak Dikenal Undang ke Group WhatsApp, Begini Caranya

Cara cegah orang tidak dikenal undang Anda ke grup WhatsApp (Foto: Pixabay)

JAKARTA, iNews.id - WhatsApp adalah salah satu aplikasi perpesanan yang banyak digunakan di dunia. Tak heran, banyak orang menggunakan platform di bawah naungan Facebook ini untuk berkomunikasi dengan teman dalam bentuk grup.

Beruntung, sejak Apri 2019, WhatsApp meluncurkan fitur keamanan terbaru untuk memblokir pengguna lain yang tidak termasuk ke dalam kontak. Fitur dapat berguna agar pengguna lain tidak dapat mengundang Anda ke dalam grup.

Selain memblokir, pengguna juga dapat membatasi dan memilih dengan bebas kontak siapa yang dapat mengundang ke grup. Anda juga dapat memilih atau menolak undangan yang masuk.

Namun, setelah setahun WhatsApp meluncurkan fitur tersebut, masih banyak pengguna yang kemungkinan tidak mengetahu fitur privasi tersebut. Untuk memeriksa apakah Anda mencegah orang lain memasukkan Anda ke dalam grup bisa diperiksa lewat Settings.

Untuk menuju Setelan, Anda bisa membuka WhatsApp, pada layar utama klik titik tiga yang terletak di bagian kanan atas kemudian klik Setelan => Akun => Privasi => Grup. Kemudian terdapat 3 opsi pada layar grup, Semua Orang, Kontak Saya dan Kontak Saya Kecuali. Jika belum tersedia sebaiknya anda memperbarui di versi WhatsApp 2.20.194.16.

Jika Anda memilih Kontak Saya semua orang yang tidak termasuk kontak Anda tidak dapat mengundang Anda ke dalam grup. Namun, jika pengguna lain yang tidak termasuk kontak Anda ingin mengundang ke grup dapat pengirimkan link grup pada Chat Personal.

Jika klik opsi Kontak Saya Kecuali, pengguna dapat memilih siapa aja yang ingin Anda batasi, dan Anda dapat menerima atau menolak undangan grup kontak yang Anda pilih. Fitur privasi ini sangat baik meningkatkan keamanan WhatsApp dari pengguna yang tidak kita kenal mengundang ke Grup secara tiba tiba.

Editor : Dini Listiyani