Dituding Dalang Virus Corona, Ini Kata Bill Gates

Okezone ยท Kamis, 23 April 2020 - 16:09:00 WIB
Dituding Dalang Virus Corona, Ini Kata Bill Gates
Pendiri Microsoft Bill Gates (Foto: Twitter/Bill Gates)

SAN FRANCISCO, iNews.id - Bill Gates belakangan ini dikaitkan sebagai dalang pandemi virus corona (Covid-19). Gates pun tidak banyak menanggapi tuduhan tersebut.

Dikutip dari Business Insider, Rabu (23/4/2020), dalam sebuh wawancara di televisi dengan saluran China, GCTN, Gates menjawab pertanyaan mengenai konspirasi dirinya dituding sebagai dalang pandemi.

Menurutnya tudingan itu cukup ironis dan gila. Padahal Gates sedang berusaha memerangi pandemi dengan donasi untuk mengembangkan vaksin melalui Bill & Melinda Gates Foundation.

“Menurut saya ironis, seseorang yang melakukan yang terbaik untuk menyiapkan dunia dikaitkan dan dalam kasus saya, miliaran dolar ke alat-alat ini untuk penyakit menular dan benar-benar mencoba menyelesaikan penyakit menular yang luas. Tapi, kita dalam situasi gila, Jadi akan ada desas-desus gila,” kata Gates.

Salah satu situs teori konspirasi milik Alex Jones, Infowars menyatakan Gates telah menyelenggarakan latihan pandemi pada akhir 2019 yang mensimulasikan wabah virus corona global. Inforward menghubungkan investasi yayasan Gates yang sedang berlangsung dalam memerangi pandemi global dengan pengetahuan sebelumnya tentang pandemi virus corona.

Namun, sebuah lembaga cek fakta mengungkapkan memang ada latihan yang disebut Peristiwa 201 dan berlangsung pada Oktober 2019. Latihan tersebut diselenggarakan oleh Pusat Keamanan Kesehatan Johns Hopkins yang diikuti yayasan Gates.

Latihan berfokus pada keadaan darurat kesiapsiagaan jika terjadi pandemi yang sangat parah. Namun, latihan diklaim tidak berhubungan dengan Covid-19 dan tidak membuat prediksi tentang angka kematian.

Fakta yang ada diabaikan oleh penganut teori konspirasi. Teori konspirasi Gates merupakan dalang dari pandemi ini terus berlanjut bahkan menyebar di media sosial (medsos).

Editor : Dini Listiyani

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda