Dukung Komunitas Kulit Hitam, Instagram Fokus ke Empat Bidang Ini

Dini Listiyani ยท Selasa, 16 Juni 2020 - 10:02 WIB
Dukung Komunitas Kulit Hitam, Instagram Fokus ke Empat Bidang Ini

Aplikasi Instagram (Foto: Unsplash)

MENLO PARK, iNews.id - Instagram mengambil langkah-langkah untuk mendukung komunitas kulit hitam dengan lebih baik. Selain itu, platform berbagi foto ini juga akan me-review bagaimana merekomendasikan konten dan menangani pelecehan serta verifikasi.

Rencana Instagram untuk mendukung komunitas hitam lebih baik diungkapkan oleh CEO Adam Mosseri. Sayangnya, Mosseri tidak menyebutkan secara spesifik apa yang dilakukan Instagram. Tapi, dia menjelaskan beberapa bidang utama, di mana Instagram telah mendengar keluhan pengguna kulit hitam terkait bias.

“Ironi kita adalah platform yang mengangkat suara-suara Black. Tapi pada saat yang sama orang-orang kulit hitam sering dilecehkan, takut akan shadowbanned, dan tidak setuju dengan banyak penghapusan konten, tidak hilang pada saya,” kata Mosseri yang dikutip dari The Verge, Selasa (16/6/2020).

Mosseri mengatakan, Instagram prihatin mendengar mengenai apakah platform menekan suara Black dan memperlakukan semua orang dengan adil dalam produknya. “Ini adalah saat orang-orang di seluruh dunia secara sah menuntut tindakan atas kata-kata, dan kami berutang banyak hal yang sama kepada komunitas kami,” ujarnya.

Perusahaan, kata Mosseri, akan fokus pada empat bidang yakni pelecehan, verifikasi, distribusi, dan bias algoritmik. Untuk mengatasi pelecehan, Mosseri mengatakan perusahaan akan melihat masalah keselamatan khusus yang dialami pengguna kulit hitam di dalam dan di luar Instagram serta bagaimana hal itu dapat melindungi orang dari masalah tersebut.

Instagram juga akan memeriksa apakah kriteria yang digunakan untuk memverifikasi pengguna Instagram inklusif. Karena, menerima pernyataan apakah proses itu menguntungkan kelompok tertentu.

Instagram juga akan me-review bagaimana kontennya difilter guna melihat apakah bias terlibat di dalamnya dan akan lebih transparan mengenai bagaimana mendistribusikan postingan orang. Platform juga akan melihat lebih keras pada apakah bias algoritmik berpengaruh pada pengambilan keputusan.

Mosseri mengatakan Instagram juga akan memeriksa seberapa baik platform melayani kelompok yang kurang terwakili lainnya. “Tujuan kami adalah Instagram adalah tempat di mana semua orang aman, didukung, dan bebas untuk mengekspresikan diri mereka. Dan, saya berharap pekerjaan ini akan membuat kita lebih dekat dengan tujuan itu,” ujarnya.

 

 

Editor : Dini Listiyani