Google Chrome Kembali Tampilkan URL Lengkap Website

Dini Listiyani · Sabtu, 12 Juni 2021 - 14:11:00 WIB
Google Chrome Kembali Tampilkan URL Lengkap Website
Google Chrome Kembali Tampilkan URL Lengkap Website (Foto: Unsplash)

MOUNTAIN VIEW, iNews.id - Google telah memotong URL di bar pencarian omnibox Chrome selama beberapa tahun terakhir. Perusahaan mengatakan itu memudahkan pengguna mengidentifikasi domain yang dapat dipercaya. 

Namun, sekarang telah membatalkan eksperimen itu dan akan menampilkan seluruh URL, seperti yang dirinci dalam dokumen pengembang yang ditemukan oleh Android Police. 

Pada satu titik, Google berencana untuk menghapus URL sepenuhnya dan hanya menampilkan istilah pencarian. Baru-baru ini, perusahaan menyederhanakan omnibox dengan menyembunyikan https://www dan hanya menampilkan nama domain. 

Pada saat itu, Google mengatakan sedang mencoba membuat segalanya lebih sederhana bagi pengguna rata-rata. "Mereka sulit dibaca, sulit untuk mengetahui bagian mana dari mereka yang seharusnya dipercaya, dan secara umum menurut saya URL tidak berfungsi sebagai cara yang baik untuk menyampaikan identitas situs," kata manajer Chrome Adrienne Porter Felt kepada Wired.

Namun, setelah Google menjatuhkan www. dan m. dari website, kritikus di Hacker News dan di tempat lain menunjukkan dua situs berbeda dapat tampak identik, berpotensi mengekspos pengguna ke serangan phishing, sebagaimana dikutip dari Engadget, Sabtu (12/6/2021).

Editor : Dini Listiyani

Halaman : 1 2