Google Chrome Mulai Melindungi Pengguna dari Unduhan Tidak Aman

Dini Listiyani ยท Sabtu, 08 Februari 2020 - 13:45 WIB
Google Chrome Mulai Melindungi Pengguna dari Unduhan Tidak Aman

Chrome mulai melindungi pengguna dari unduhan tidak aman (Foto: Pixabay)

MOUNTAIN VIEW, iNews.id - Berhati-hati saat mengunduh file adalah salah satu cara untuk melindungi diri dari malware online. Oleh karena itu, Google akan mengingatkan pengguna Chrome dari unduhan yang tidak aman.

Membuka e-mail dan mengunduh attachments dari pengirim yang tidak dikenal bukan ide yang baik. Begitu juga dengan mengunduh file yang dapat dieksekusi dari situs web yang tampak menipu.

Kendati demikian, tidak semua orang dapat membedakan website yang mencurigakan. Makanya, raksasa mesin pencari ini juga mencoba melakukan bagian mereka.

Google belum lama ini mengumumkan dalam pembaruan mereka berikutnya ke Chrome. Lewat pembaruan, browser akan mulai memperingatkan pengguna unduhan yang tidak aman.

"Jenis file yang paling risiko bagi pengguna (mis. file yang dapat dieksekusi) akan terkena dampak pertama, dengan rilis berikutnya mencakup lebih banyak jenis file. Peluncuran bertahap ini dirancang untuk mengurangi risiko terburuk dengan cepat, memberikan pengembang peluang untuk memperbarui situs, dan meminimalkan seberapa banyak peringatan yang harus dilihat pengguna Chrome," kata Google yang dikutip dari Ubergizmo, Sabtu (8/2/2020).

Meski ini pasti akan mengganggu bagi para pengguna karena banyak pesan peringatan dan permintaan, pada akhirnya dapat membantu menciptakan lingkungan penelusuran yang lebih aman.

Editor : Dini Listiyani