Ulang Tahun ke-15, Google Maps Punya Ikon Baru

Dini Listiyani ยท Jumat, 07 Februari 2020 - 11:17 WIB
Ulang Tahun ke-15, Google Maps Punya Ikon Baru

Google Maps (Foto: Google)

MOUNTAIN VIEW, iNews.id - Google Maps tahun ini menginjak usia 15 tahun. Perayaan ulang tahun dimanfaatkan Google untuk meluncurkan beberapa pembaruan untuk layanan pemetaannya.

Pembaruan Google Maps membawa sejumlah perubahan. Sebagai permulaan, Maps mempunyai ikon baru yakni empat warna berubah menjadi pin lokasi yang sudah menjadi bagian dari Google Maps selama bertahun-tahun.

Ikon baru Google Maps (Foto: Google)
Ikon baru Google Maps (Foto: Google)

Selain itu, Maps juga membawa beberapa perbuahan untuk Maps, yang membuatnya sedikit lebih sederhana dan cerdas. Perubahan utama yang dapat diperhatikan adalah sistem navigasi lima ikon di bawah layar seperti yang dimiliki banyak aplikasi sekarang.

Dikutip Slash Gears, Jumat (7/2/2020), ada dua bar baru. Bar pertama adalah saved, yang menarik semua daftar dan lokasi yang telah Anda tandai. Lalu, ada bar contribute, yang meminta Anda menambahkan foto dan ulasan tempat-tempat yang mungkin telah dikunjungi.

Dengan perubahan ini, Google juga menyinkirkan menu humberger lama, di mana banyak fitur ini sebelumnya disembunyikan. Di samping itu, Google juga menghadirkan beberapa fitur crowdsourced baru dari pengguna Maps yang muncul saat Anda melihat arah transit.

Untuk sementara waktu, Anda dapat melihat jalur transit khusus di banyak kota dan perkiraan waktu kedatangan serta beberapa informasi mengenai seberapa ramai kereta atau bus. Google memperluas informasi yang dapat Anda lihat dengan menambahkan detail yang dibagikan oleh penumpang lain, termasuk suhu, aksesibilitas, dan lain-lain.

Google akan mengumpulkan informasi dengan meminta pengguna Maps menyumbang detail dari perjalanan mereka. Sebenarnya pekerjaan ini sudah dilakukan Google sebelumnya untuk mendapatkan informasi seberapa ramai kereta.

Fitur baru terkahir yang diluncurkan Google untuk Maps adalah Live View. Fitur ini ditenagai AR berjalan yang diluncurkan Google tahun lalu.

Awalnya, Live View overlay panah biru raksasa untuk menunjukkan dengan tepat ke mana Anda pergi. Tapi, implementasi baru menyederhanakan banyak hal, termasuk menghilangkan pin merah besar.

Update diluncurkan untuk iPhone dan Android hari ini, kecuali update Live View. Pembaruan Google ini hadir tidak lama usai Apple memperbarui aplikasi pemetaan mereka.


Editor : Dini Listiyani