Google Coba Menekan Aplikasi Menyesatkan di Play Store

Dini Listiyani · Selasa, 04 Mei 2021 - 07:30:00 WIB
Google Coba Menekan Aplikasi Menyesatkan di Play Store
Aplikasi Google Play Store (Foto: Ist)

MOUNTAIN VIEW, iNews.id - Aplikasi yang terdaftar di Google Play Store idealnya hanya memiliki namanya saja. Namun, beberapa pengembang menjadi lebih kreatif dalam memberi nama dan daftar aplikasi mereka.

Para pengembang sekarang menggunakan grafik dalam logo aplikasi atau emoji dalam teks untuk menyarankan sebuah aplikasi lebih baik dibanding lainnya. Ini bisa agak menyesatkan dan menyebabkan orang memasang aplikasi yang salah, sebagaimana dikutip dari Ubergizmo, Selasa (4/5/2021).

Bahkan, dalam skenario kasus yang lebih buruk bisa mengelabui pengguna agar memasang perangkat lunak perusak atau aplikasi scam. Alhasil, Google sekarang menindak jenis daftar aplikasi yang menggunakan jenis trik ini untuk mencoba dan mempromosikan diri mereka sendiri di Play Store.

Kebijakan metadata baru ini akan melarang trik seperti menggunakan huruf besar semua untuk menulis nama aplikasi, kecuali itu dalam brand. Kebijakan juga akan menghentikan judul aplikasi yang panjang dan dibatasi hingga 30 karakter atau menempatkan istilah seperti Download Now atau mempormosikan penawaran dengan mencantumkan kata sale di ikon aplikasi.

Editor : Dini Listiyani

Halaman : 1 2