Google dan Microsoft Kerja Sama Bawa Aplikasi Web ke Play Store

Dini Listiyani · Senin, 13 Juli 2020 - 14:06:00 WIB
Google dan Microsoft Kerja Sama Bawa Aplikasi Web ke Play Store
Google dan Microsofot kerja sama bawa aplikasi web ke Play Store (Foto: Microsoft)

SAN FRANCISCO, iNews.id - Dukungan Microsoft untuk Android melampaui aplikasi dan perangkat kembangannya seperti Surface Duo. Microsoft dan Google berkolaborasi untuk membantu menghadirkan lebih banyak aplikasi web progresif ke perangkat Android lewat Play Store.

Aplikasi yang dibangun menggunakan alat PWABuilder Microsoft akan menggunakan utilitas Bubblewarp dan perpustakaan Google untuk memanfaatkan fitur baru. Fitur yang dimaksud mencakup standar baru untuk pintasan web, push notification lebih dalam, dan visual yang dikustomisasi.

Sederhananya, aplikasi web di ponsel akan terasa lebih nyaman. Fitur yang diperluas, kata Microsoft, seharusnya tidak membutuhkan upaya yang lebih besar untuk diterapkan, sebagaimana dikutip dari Engadget, Senin (13/7/2020).

Guna melihat aplikasi memanfaatkan fitur-fitur yang ada, tampaknya perlu waktu beberapa saat. Namun, upaya tersebut dapat menyebabkan semakin banyak aplikasi yang ditingkatkan dan menjangkau telepon Anda.

Kolaborasi Google dan Microsoft dalam kasus semacam ini tidak mengherankan. Upaya tersebut memberikan perusahaan lebih banyak alasan untuk menggunakan toolkit Microsoft.

Sedangkan Google mendapatkan lebih banyak pengembang yang membangun aplikasi web yang ramah Android dibanding mengarahkan orang ke aplikasi generik di dalam browser.

Editor : Dini Listiyani