Microsoft Akan Gandakan Jumlah Pemimpin Senior Berkulit Hitam pada 2025

Dini Listiyani ยท Rabu, 24 Juni 2020 - 20:16 WIB
Microsoft Akan Gandakan Jumlah Pemimpin Senior Berkulit Hitam pada 2025

CEO Satya Nadella (Foto: Cnet)

REDMOND, iNews.id - Microsoft berkomitmen akan mengatasi ketidakadilan dan ketidaksetaraan rasial. Oleh karena itu, perusahaan pembuat software merinci sejumlah perubahan yang dilakukan untuk mendukung individu berkulit hitam baik di dalam maupun luar perusahaan.

Microsoft berencana menggandakan jumlah manajer berkulit hitam dan Afrika-Amerika, kontributor individu senior, dan pemimpin senior yang dipekerjakannya di Amerika Serikat pada 2025. Selain itu, perusahaan akan menghabiskan dana tambahan 150 juta dolar AS pada upaya keanekaragaman dan inklusi.

Microsoft juga ingin membantu menjadikan karyawan non-kulit hitamnya menjadi sekutu yang lebih baik. Mulai tahun fiskal 2021 perusahaan, Microsoft akan mengamanatkan pelatihan wajib tentang jabatan dan hak istimewa untuk semua karyawan, sebagaimana dikutip dari Engadget, Rabu (24/6/2020).

Bagian dari materi kursus akan menyentuh pemahaman pengalaman komunitas kulit hitam. Di luar perusahaan, Microsoft berencana menggandakan jumlah bisnis milik Black yang bekerja dengannya selama tiga tahun ke depan.

Microsoft juga akan melakukan investasi lima tahun senilai 50 juta dolar AS dalam inisiatif reformasi peradilan yang ada. Upaya Microsoft bisa berjalan ke depan membuatnya lebih inklusif ke komunitas Black.

Namun, seperti kebanyakan raksasa teknologi, perusahaan masih memiliki jalan panjang. Dalam laporan Diversity and Inclusion Report, Microsoft mengatakan 4,5 persen dari semua karyawan dan 2,7 persen eksekutifnya berkulit hitam.

Dalam laporan yang sama, Microsoft mengatakan orang kulit putih ada 53,2 persen dari jumlah tenaga kerjanya. Mayoritas karyawan Microsoft 72,3 persen juga laki-laki. Tapi, setidaknya saat ini Microsoft tampaknya berkomitmen untuk mengubah banyak hal.

"Ini bukan acara satu kali. Ini akan membutuhkan kerja nyata dan fokus. Kami akan mendengarkan dan belajar. Kami akan menerima feedback dan kami akan menyesuaikan. Tapi, itu dimulai dengan kita masing-masing membuat komitmen untuk melakukann pekerjaan untuk membantu mendorong perubahan dan bertindak dengan niat," tulis Nadella dalam surat kepada karyawan.

Editor : Dini Listiyani