Google Doodle Hari Ini Tampilkan Sosok Wartawati Senior Ani Idrus

Dini Listiyani ยท Senin, 25 November 2019 - 07:28 WIB
Google Doodle Hari Ini Tampilkan Sosok Wartawati Senior Ani Idrus

Google Doodle tampilkan Ani Idrus (Foto: Google)

JAKARTA, iNews.id - Google merayakan ulang tahun yang ke-101 seorang wartawati senior lewat Doodle hari ini, (25/11/2019). Adalah Ani Idrus, sosok yang ditampilkan Google lewat Doodle hari ini.

Dikutip dalam lama Doodle, Ani Idrus dikenal sebagai jurnalis dan aktivis Indonesia yang tidak kenal takut. Dia bersama suaminya mendirikan surat kabar harian bernama Waspada.

Idrus menjadi kekuatan utama dalam jurnalisme, pendidikan, dan politik negara. Perempuan kelahiran Sumatera Barat ini mengokohkan dirinya sebagai jurnalis pada 1930-an. Kemudian dia menerbitkan Waspada sebelum kemerdekaan Indonesia.

Sebelum merilis edisi pertama majalah wanita populer, Idrus juga berperan sebagai koresponden asing selama lebih dari satu dekade. Pada 1988, sebagai pengakuan atas prestasinya dalam dunia jurnalisme, Idrus diganjar Satya Press Award.

Tak hanya sebagai jurnalis, Idrus juga menjadi sebagai anggota gerakan politik Young Indonesia. Dia pernah menghadiri Kongres Wanita Pertama Indonesia, yang membawanya menjadi pemimpin Front Wanita Sumatera Utara dan Wakil Sekretaris Jenderal Front Nasional Sumatera Utara.

Berkaitan erat dengan pengabdian Idrus pada tujuan yang menguntungkan perempuan Indonesia adalah dorongan meningkatkan pendidikan di seluruh negeri. Dampaknya pada sistem pendidikan ditandai dengan pembukaan delapan sekolah, pendirian Yayasan Pendidikan Ani Idrus (YPAI), serta service sebagai Chairperson dari Waspada Soccer School.

Seperti diketahui, Google kerap menampilkan sosok atau tokoh yang berpengaruh lewat Doodle-nya. Selain itu, raksasa mesin pencari ini juga kerap merayakan hari spesial di dunia atau yang ada di negara tertentu.

Editor : Dini Listiyani