Google Maps Punya 3 Fitur Baru, Salah Satunya Stay Safer

Dini Listiyani ยท Kamis, 21 November 2019 - 11:49 WIB
Google Maps Punya 3 Fitur Baru, Salah Satunya Stay Safer

Google Maps memperkenalkan fitur-fitur baru. (Foto: App Store)

JAKARTA, iNews.id - Google Maps di Indonesia mempunyai fitur baru yang dapat membantu penggunanya. Kehadiran fitur baru di Maps diumumkan saat event Google Maps for Indonesia.

Google Maps dapat membantu warga di Indonesia saat bepergian, menjelajahi, dan melakukan berbagai hal di dunia. Google pun terus meningkatkan kualitas peta mereka dan pengalaman pengguna di aplikasi Maps.

Oleh karena itu, Google menghadirkan setidaknya tiga fitur baru bagi pengguna Maps di Indonesia. Nah, berikut ini fitur-fiturnya.

1. Local Guide

Local Guide adalah orang-orang biasa yang ingin membagikan pengalaman mereka di Google Maps dengan menyumbang ulasan, foto, video, dan kontribusi lainnya untuk membuat Maps lebih bermanfaat bagi semua orang.

Secara kolektif, Local Guides adalah komunitas global yang terdiri atas 95 juta lebih orang-orang di seluruh dunia yang tersebar di 24.000 lokasi.

Google sedang mencoba sebuah program pilot yang memungkinkan pengguna Maps mengikuti profil milik Local Guide tertentu agar mendapatkan rekomendasi tempat-tempat yang harus dicoba. Ide ini sedang dicoba di beberapa kota di seluruh dunia, termasuk Jakarta.

Menariknya, ide yang sedang dieksplorasi oleh Maps ini sebenarnya berasal dari Indonesia. Lalu, bagaimana cara menggunakannya?

Pertama-tama buka aplikasi Google Maps, lalu tab ‘Untuk Anda’ yang berisi feed yang disesuaikan dengan preferensi Anda. Lihat profil Local Guide yang menarik bagi Anda. Jika menyukainya, tap ‘Ikuti’ untuk mendapatkan informasi saat mereka menambahkan ulasan, foto, atau daftar.

Untuk Local Guide memiliki kebebasan untuk mengubah profil mereka menjadi terbatas dan memilih siapa saja yang bisa mengikuti mereka atau memblokir pengguna tertentu.

2. Fitur Stay Safer

Google melakukan penelitian yang menunjukkan banyak pengguna membantasi mobilitas mereka karena khawatir dengan masalah keamanan. Sementara itu saat melakukan perjalanan, banyak orang menggunakan Google Maps untuk memonitor dan memastikan rute mereka aman.

Berangkat dari itu, Google meluncurkan tombol ‘Stay Safer’ di Google Maps, sehingga penumpang bisa mendapatkan peringatan jika pengemudinya melenceng sejauh lebih dari 0.5 km. Fitur Stay Safer juga memungkinkan penumpang membagikan lokasi mereka secara real-time dengan teman dan keluarga.

3. Kemitraan JakEvo dan Google Bisnisku

Google Bisnisku adalah alat gratis dan praktis yang bisa digunakan bisnis lokal untuk menarik, menjangkau, dan berinteraksi dengan pelanggan yang mencari mereka di Google Search dan Maps.

Dengan Bisnisku, para pemilik bisnis dapat membagikan informasi penting, mempromosikan penawaran atau program khusus, serta berinteraksi dengan pelanggan dengan menjawab ulasan dan mengirim pesan kepada pelanggan yang mengikuti bisnis mereka.

Para pemilik bisnis bisa mulai menggunakan Google Bisnisku lewat web atau mengunduh aplikasinya. Pada dasarnya, memulai menggunakan Google Bisnisku sudah cukup mudah.

Namun, berkat kemitraan baru dengan Pemda Jakarta (JakEvo), kini Google Bisnisku bisa lebih mudah lagi. Mulai Desember, Google Bisnisku akan menjadi bagian dari proses perizinan online untuk UKM.


Editor : Tuty Ocktaviany