Google Rayakan Hari Kemerdekaan RI lewat Doodle Hari Ini  

Dini Listiyani · Rabu, 17 Agustus 2022 - 08:35:00 WIB
Google Rayakan Hari Kemerdekaan RI lewat Doodle Hari Ini  
Google Rayakan Hari Kemerdekaan RI lewat Doodle Hari Ini   (Foto: Google)

JAKARTA, iNews.id - Google ikut merayakan Hari Kemerdekaan RI yang ke-77 tahun. Perusahaan asal Amerika Serikat (AS) memberikan Doodle khusus di halaman utama mesin pencarian mereka.  

Saat membuka mesin pencari Google, pada halaman utama Anda akan disambut dengan ilustrasi karakter yang menggunakan pakaian dari berbagai daerah di Indonesia sambil mendayung. Doodle hari ini diilustrasikan seniman tamu asal Bandung, Wastana Haikal. 

Indonesia secara resmi mendeklarasikan kemerdekaan 17 Agustus 1945. Masyarakat Indonesia mempunyai berbagai cara untuk memperingati Hari Kemerdekaan seperti parade, karnaval, dan marching band.  

Di seluruh negeri, warna bendera merah dan putih mengiasi rumah dna jalanan. Upacara pengibaran bendera yang dihadiri presiden diadakan di Istana Negara memuai perayaan.  

"Balap perahu (Pacu perahus) seperti yang ditampilkan dalam karya seni hari ini adalah salah satu tradisi paling populer di Hari Kemerdekaan. Pacu Jalur Festival menjadi tuan rumah balapan terbesar di negara ini," kata Google dalam blog Doodlenya. 

Lebih lanjut dijelaskan dalam blog Doodle, setelah pertunjukan lagu dan tarian, lebih dari 100 perahu berdekorasi semarak mendayung menyusuri sungai Batang Kuantan. Tim hingga 60 orang mengenakan tari tradisional saat penonton berkumpul di tepi sungai.  

Sebagai negara bahari, Pacu Jalur Festival adalah salah satu dari sekian banyak tradisi yang mengajaran pentingnya kerja sama tim. Pesan yang selaras dengan semboyan nasional, Bhinekka Tunggal Ika. 

Editor : Dini Listiyani

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda