Google Translate Kini Tambahkan Bahasa Uighur

Rizki Maulana ยท Jumat, 28 Februari 2020 - 10:00 WIB
Google Translate Kini Tambahkan Bahasa Uighur

Google Translate menambahkan empat bahasa baru dalam layanan terjemahan teks mereka. (Foto: ilustrasi/ist).

JAKARTA, iNews.id – Raksasa internet Google mengumumkan penambahan lima bahasa baru ke dalam layanan Google Translate. Lima bahasa tersebut yakni Oriya, Tatar, Turkmen, Uighur dan Kinyarwanda.

Software Engineer Google Translate Isaac Caswell mengatakan, bahasa tanpa banyak termuat sebagai konten web secara tradisional tampak sulit diterjemahkan. Namun dengan kemajuan teknologi, hal tersebut dapat dilakukan.

“Ditambah dengan keterlibatan aktif dari Komunitas Google Translate, kami telah menambahkan dukungan untuk lima bahasa: Kinyarwanda, Odia (Oriya), Tatar , Turkmen dan Uighur,” kata Isaac, dikutip Jumat (28/2/2020).

Dia menjelaskan, semua bahasa baru tersebut mendukung layanan terjemahan teks dan situs web. Lima bahasa ini dituturkan 75 juta orang di seluruh dunia.

Menariknya, lima bahasa ini merupakan pembaruan atau yang pertama ditambahkan dalam empat tahun terakhir.

“Ini memperluas layanan Google Translate menjadi 108 bahasa,” ucapnya.

Kinyarwanda merupakan bahasa resmi Rwanda, sedangkan Tatar digunakan terutama di Rusia, Ukraina, dan Uzbekistan.

Odia atau Oriya merupakan bahasa sehari-hari masyarakat Odisha, salah satu kawasan di India. Sementara, Turkmenistan merupakan bahasa resmi Turkmenistan.

Google juga memasukkan bahasa Uighur, etnis yang mendiami Provinsi Xinjiang, China. Penduduk Uighur mayoritas muslim. Menurut Google, bahasa Uighur dituturkan setidanya 10,4 juta orang.


Editor : Zen Teguh