Hacker Korut Targetkan Peneliti Keamanan Siber

Fikri Kurniawan ยท Kamis, 28 Januari 2021 - 16:06:00 WIB
Hacker Korut Targetkan Peneliti Keamanan Siber
Hacker Korut Targetkan Peneliti Keamanan Siber (Foto: Unsplash)

MENLO PARK, iNews.id - Hacker Korea Utara (Korut) diduga menyerang para peneliti keamanan siber menggunakan metode social engineering. Divisi keamanan siber Google Threat Analysis Group mengeluarkan peringatan kepada para peneliti keamanan siber atas ancaman dari peretas asal Korut itu. 

Melalui blog resminya, divisi ini menjelaskan penjahat siber itu menargetkan para peneliti keamanan siber yang sedang mengerjakan dan mengembangkan celah keamanan. Melansir dari Techspot, Kamis (28/1/2021), Threat Analysis Group juga percaya para peretas akan menggencarkan serangan selama beberapa bulan ke depan.

Modus yang dilakukan bisa sangat mengecoh, bahkan peneliti keamanan siber sekalipun. Peretas awalnya akan membuat blog dan akun sosial media, lalu membagikan informasi celah keamanan siber yang pernah ditemukan dengan menyertakan nama penelitinya.

Upaya ini sebagai memupuk rasa percaya dari para peneliti keamanan siber sebagai korban. Setelah muncul rasa percaya, pelaku kemudian mengajak korban untuk berkolaborasi melakukan penelitian.

Editor : Dini Listiyani

Halaman : 1 2