Hacker Targetkan Mac Bertenaga Chip M1 Apple dengan Malware

Dini Listiyani ยท Kamis, 18 Februari 2021 - 07:35:00 WIB
Hacker Targetkan Mac Bertenaga Chip M1 Apple dengan Malware
Chipset M1 Apple (Foto: Apple)

CUPERTINO, iNews.id - Mac dengan prosesor Apple M1 baru ada selama beberapa bulan. Tapi, tidak butuh waktu lama bagi hacker untuk mulai menargetkan sistem tersebut. 

Peneliti keamanan Patrick Wardle mengatakan dia telah menemukan aplikasi berbahaya yang dibuat khusus untuk chip M1. Dia menulis dalam postingan blog, ekstensi adware Safari, yang disebut GoSearch22, pada awalnya dirancang untuk prosesor Intel X86. 

GoSearch22 tampaknya adalah varian dari adware Mac terkenal Pirrit. Wardle mengatakan kepada Motherboard, malware tersebut tampaknya fairly vanilla. Mereka mengumpulkan data pengguna dan membumbui layar dengan iklan terlarang.

Tapi, pengembangannya dapat memperbarui GoSearch22 dengan fungsi yang lebih berbahay. Meskipun Mac baru masih dapat menjalankan aplikasi yang dirancang untuk chip Intel x86 melalui emulasi, banyak pengembang membuat M1 versi asli dari software mereka, sebagaimana dikutip dari Engadget, Kamis (18/2/2021).

Keberadaan GoSearch22, tulis Wardle, mengonfirmasi pembuat malware atau adware memang bekerja untuk memastikan kreasi jahat mereka secara native kompatibel dengan hardware baru Apple. Wardle menemukan malware tersebut di platform pengujian antivirus milik Alphabet, VirusTotal, di mana ada seseorang mengunggahnya pada Desember. 

Peneliti menemukan, meskipun pemindaian antivirus platform menandai adware versi x86 sebagai berbahay, 15 persen dari mereka tidak mencurigai M1 versi GoSearch22 adalah malware. 

Editor : Dini Listiyani

Halaman : 1 2