Inilah Aplikasi untuk Cek Jangkauan Sinyal TV Digital

Dini Listiyani · Sabtu, 14 Mei 2022 - 17:07:00 WIB
Inilah Aplikasi untuk Cek Jangkauan Sinyal TV Digital
Inilah Aplikasi untuk Cek Jangkauan Sinyal TV Digital (Foto: Kominfo)

JAKARTA, iNews.id - Sejumlah siaran TV analog mulai dimatikan di beberapa wilayah Indonesia dan akan dialihkan ke TV digital. Agar bisa mengetahui di mana saja yang meng-covernya, inilah aplikasi untuk cek jangkauan sinyal TV digital.

Siaran tv digital menggunakan modulasi sinyal digital dan sistem kompresi akan menghadirkan kualitas gambar yang lebih bersih, suara yang lebih jernih dan canggih teknologinya. Mengingat, siaran televisi analog sudah mengudara selama hampir 60 tahun di Indonesia.

Siaran televisi ini akan diganti selambat-lambatnya pada 2 November 2022. Dalam masa peralihan ke siaran digital, masyarakat tetap bisa menonton siaran televisi analog namun sangat dianjurkan mulai mengubah tangkapan sinyal antena di rumah dari siaran analog ke digital. 

Inilah Aplikasi untuk Cek Jangkauan Sinyal TV Digital

Untuk mempermudah kamu melihat jangkauan sinyal tv digital, kamu dapat menggunakan aplikasi sinyaltvdigital. Aplikasi salurantvdigital dapat diunduh di Google Play Store. 

Dengan aplikasi salurantvdigital, Anda bisa menentukan apakah lokasi Anda memiliki sinyal tv digital lemah, jelek, atau bahkan hilang semua. Dengan menginstalnya, Anda juga dapat menginstal fitur detail mengenai sinyal tv dan melakukan cek saluran dalam satu aplikasi. 

Dilengkapi dengan peta sebaran pemancar sinyal tv digital di seluruh Indonesia, masyarakat dapat mengecek apakah saluran tv digital di kota kita tersedia atau tidak dari aplikasi ini.  Aplikasi ini sangat cocok gunakan sebelum memutuskan untuk membeli TV DVB-T2 atau STB DVB-T2.

Cara Cek Sinyal TV Digital

Penyelenggaraan siaran televisi digital dilakukan secara bertahap menjelang berakhirnya siaran televisi analog pada 2 November 2022. Nantinya, setiap daerah memiliki jadwal yang berbeda. 

Bahkan, masyarakat bisa mengecek status siaran per wilayah layanan melalui https://siarandigital.kominfo.go.id/ dan cek jangkauan siaran di aplikasi android maupun IOS di Sinyal TV Digital.

Editor : Dini Listiyani

Bagikan Artikel: