Instagram Bawa Fitur Shopping ke Indonesia
JAKARTA, iNews.id - Instagram akhirnya membawa fitur Shopping ke Indonesia usai dirilis global. Peluncuran Instagram Shopping akan dilakukan secara bertahap.
"Kami hari ini meluncurkan fitur Shopping untuk akun bisnis dan kreator. Kita rollout secara bertahap. Fitur ini sudah lama ditunggu, senang sekali akhirnya kita bawa ke Indonesia," kata Country Director Facebook Indonesia Pieter Lydian dalam peluncuran online, Selasa (6/10/2020).
Peluncuran fitur Shopping menjadi bagian dari komitmen Instagram untuk mendukung UMKM beradaptasi dengan platform digital, terlebih dalam kondisi pandemi seperti sekarang ini. Guna menjaga keamanan fitur, pemilik bisnis perlu memiliki website resmi untuk ditautkan ke Shopping.
Jadi, pada saat pengguna Instagram mengklik link yang ada di unggahan akun pemilik toko, mereka akan dibawa ke situs resmi. Setelah itu, transaksi jual-beli akan terjadi di situs resmi pemilik bisnis.
Untuk diketahui, Instagram sekarang sudah menjadi lebih dari tempat untuk berbagi informasi. Platform berbagi foto ini sudah digunakan untuk menjual juga.
Bahkan, kata Pieter, Indonesia sudah menduduki posisi lima besar untuk profile bisnis paling banyak. Data internal mereka juga menunjukkan, 90 persen pengguna setidaknya mengikuti satu akun bisnis di Instagram.
Instagram rupanya terus mengeksplorasi fitur Shopping. Hari ini, secara global Instagram memperluas kehadiran Shopping ke IGTV, memungkinkan Anda menonton video kemudian memeriksa dengan beberapa tap.
Editor: Dini Listiyani