Instagram Umumkan Fitur Checkout, Pengguna Bisa Belanja dalam Aplikasi

Dini Listiyani ยท Rabu, 20 Maret 2019 - 13:01 WIB
Instagram Umumkan Fitur Checkout, Pengguna Bisa Belanja dalam Aplikasi

Instagram umumkan fitur Checkout, pengguna bisa belanja dalam aplikasi (Foto: Instagram)

MOUNTAIN VIEW, iNews.id - Instagram tampaknya mulai serius menggarap bisnis perdagangannya. Layanan berbagai foto milik Facebook ini mengumumkan pihaknya membawa fitur checkout ke aplikasi selulernya.

Dengan fitur checkout, Anda bisa menyimpan informasi pembayaran dengan Instagram untuk melakukan pembelian lebih cepat. Sebagai imbalannya, Instagram memungut biaya penjualan kepada ritel.

Saat ini, terdapat lebih dari 20 merek akan menggunakan checkout, termasuk Nike, Adidas, Dior, H&M, Mac Cosmetics, Michael Kors, Oscar de la Renta, Prada, Uniqlo, Warby Parker, dan Zara.

Item yang memenuhi syarat untuk checkout dalam aplikasi sekarang memiliki tombol biru 'Checkout on Instagram' di bawahnya. Tap tombol tersebut setelah itu Anda akan diminta untuk memberikan alamat e-mail sehingga penjual bisa menyelesaikan pesanan.

Mengutip The Verge, Rabu (20/3/2019), dari sana, Anda diminta memasukkan informasi pengiriman dan metode pembayaran. Setelah memeriksa detail Anda, baru pesanan bisa dilakukan.

Sebelumnya, menyelesaikan pembelian di Instagram harus menggunakan pop-up web view di situs ritel, di mana pengguna cenderung meninggalkan keranjang belanja mereka. Instagram berharap memungkinkan orang untuk menyelesaikan pembelian mereka dalam aplikasi akan membuat mereka berbelanja lebih banyak.

Selain itu, Instagram juga berharap menciptakan bisnis baru yang besar bagi perusahaan induknya, Facebook. Facebook baru-baru ini mengisyarakatkan mereka mengharapkan perdagangan dan pembayaran untuk mewakili masa depan perusahaan.

Untuk saat ini, informasi pembayaran yang disimpan dengan Facebook hanya akan digunakan di Instagram. Mengingat informasi tersebut bisa bersifat kredensial, raksasa jejaring sosial tersebut berkomitmen tidak akan membagi informasi pembayaran dengan pengguna lain atau ritel.

Instagram percaya, belanja merupakan peluang bisnis baru yang besar. The Verge melaporkan tahun lalu, Instagram sedang membangun aplikasi belanja mandiri.


Editor : Dini Listiyani