Intip Cara Mudah Mengunggah GIF ke Instagram

Dini Listiyani ยท Minggu, 11 Agustus 2019 - 09:30 WIB
Intip Cara Mudah Mengunggah GIF ke Instagram

Ilustrasi aplikasi Instagram (Foto: Pixabay/Pexels)

JAKARTA, iNews.id - GIF menjadi salah satu format populer yang didukung berbagai platform media sosial (medsos). Tapi, tidak dengan Instagram karena layanan berbagi foto ini tak menawarkan dukungan GIF secara native.

Jadi, mengunggah GIF ke Instagram tidak akan semudah di medsos lainnya. Tapi, jangan khawatir ada solusi untuk melakukannya, dengan syarat Anda perlu mengubah GIF menjadi file video atau membuat Story terlebih dulu.

Setelah perubahan GIF ke file video selesai, barulah Anda bisa mengunggahnya ke Instagram. Nah, di bawah ini tim iNews.id mencoba untuk menguraikan cara untuk melakukannya yang dirangkum dari Digital Trends, Minggu (11/8/2019).

Menambahkan GIF ke Post Menggunakan Giphy
Giphy adalah search engine populer untuk GIF. Hal yang menyenangkan dari Giphy ini adalah selain perpustakaannya kuat, aplikasi juga memungkinkan Anda dengan cepat mengirim ke berbagai jejaring sosial dan mengotomatisasi proses konversi video untuk Instagram.

Setelah menemukan GIF yang cocok di dalam aplikasi, tap image dan selanjutnya ikon Share, yang menyerupai pesawat kertas. Lalu, tap ikon purple-ish Instagram di halaman resulting untuk membuka aplikasi berbagi foto di perangkat seluler Anda.

(Foto: Digital Trends)

Dari sana, Anda akan diberikan opsi untuk menambahkan GIF ke Story atau Feed. Pilih Feed dan tambahkan keterangan bila diinginkan. Terlepas dari itu, ada banyak aplikasi dan website terkait GIF lain yang dapat Anda gunakan untuk mengunggah GIF ke Instagram seperti Tenor dan ImgPlay.

Menambahkan GIF ke Instagram Story Laly ke Feed
Instagram mendukung stiker GIF dalam Story. Untuk melakukannya, tap ikon wajah tersenyum saat menggunakan kamera dan select GIF, yang akan membawa Anda ke database.

Dari sana, Anda dapat browse trending sticker atau mencari GIF yang spesifik menggunakan keywords. Setelah Anda menemukan yang diinginkan, tap stiker itu.

(Foto: Digital Trends)

Anda dapat mengatur posisi stiker berada. Bahkan, Anda juga dapat mengatur besar atau kecil stiker GIF yang sudah dipilih tersebut. Tambahkan sebanyak yang diinginkan, lalu tap Story.

Bila menyimpan gambar dengan GIF yang diunggah di Story, Anda juga dapat mengunggahnya ke Feed. Tapi, ini sedikit rumit. Durasi GIF harus lebih dari tiga detik sebelum looping. Jika tidak, Anda akan mendapatkan pemberitahuan tidak dapat mengunggah gambar ke feed Anda karena video tak cukup panjang.


Editor : Dini Listiyani