iOS 13 Peringatkan Pengguna soal Potensi Risiko Privasi saat Gunakan Facebook

Dini Listiyani ยท Rabu, 18 September 2019 - 12:30 WIB
iOS 13 Peringatkan Pengguna soal Potensi Risiko Privasi saat Gunakan Facebook

Ilustrasi Facebook (Foto: Ubergizmo)

CUPERTINO, iNews.id - Apple diprediksi akan menggulirkan iOS 13 ke perangkat yang mendukungnya. Sistem operasi Apple terbaru ini membawa sejumlah perbaikan untuk meningkatan privasi.

Peningkatan privasi dimulai dengan opsi masuk dengan Apple ID. Ketika menggunakan layanan Apple di iPhone atau iPad, tentu saja Anda tidak akan mengalami masalah. Tapi, bagaimana dengan aplikasi pihak ketiga seperti Facebook?

Menurut laporan terbaru yang dikutip dari Ubergizmo, Rabu (18/9/2019), aplikasi Facebook meminta izin akses yang tidak diinginkan. Menariknya, proses ini terlihat pada ponsel yang menjalankan iOS 13.

Sistem operasi Apple terbaru, iOS 13 dikabarkan membantu mengidentifikasi aplikasi Facebook sebagai risiko privasi. Hal tersebut ditunjukkan oleh seorang pengguna Twitter @samnato.

Lewat Twitter-nya @samnato membagikan sebuah tweet peringatan yang berbunyi, 'Facebook dan sebagian besar aplikasi ingin menggunakan Bluetooth sehingga mereka dapat menemukan Anda meskipun tidak menggunakan aplikasi mereka. Dan, mereka dapat melakukannya tanpa meminta persetujaun dari Anda."

Business Insider melihat pengguna yang memilih meningkatkan OS ke versi iOS 13 Gold Master telah melihat pemberitahuan yang mengatakan, 'Facebook ingin menggunakan Bluetooth.' Seperti yang terlihat di atas, OS meminta persetujuan pengguna.

Dengan akses ke Bluetooth, Facebook dapat melacak lokasi fisik Anda secara akurat dan memantau proximity dengan smartphone lainnya.


Editor : Dini Listiyani