iOS 13.3 Dirilis ke Publik, Bawa Fitur Baru dan Perbaikan Bug

Dini Listiyani ยท Rabu, 11 Desember 2019 - 12:03 WIB
iOS 13.3 Dirilis ke Publik, Bawa Fitur Baru dan Perbaikan Bug

Apple rilis iOS 13.3 ke publik (Foto: Apple)

CUPERTINO, iNews.id - Apple merilis iOS 13.3 dan iPadOS 13.3 ke publik. Update tersebut mencakup perbaikan bug dan peningkatan performa.

Dikutip dari 9to5Mac, Rabu (11/12/2019), dalam pembaruan sistem operasi iOS dan iPadOS, Apple menambahkan dukungan Communication Limits dalam Screen Time.

Dukungan Communication Limits pada Screen Time ini memungkinkan Anda menetapkan batasan spesifik tentang siapa dan kapan pengguna dapat berkomunikasi. Selama screen time dialokasikan, Anda dapat mengizinkan komunikasi dengan semua orang. Tapi, saat downtime, Anda dapat membatasi komunikasi ke orang-orang tertentu.

Fitur Communication Limits pada Screen Time sebenarnya cukup berguna bagi orangtua. Misalnya, orangtua dapat memblokir anak-anak mereka dari komunikasi dengan semua orang kecuali diri mereka tertentu. Screen Time Communication Limit berlaku untuk aplikasi Phone, Messages, dan FaceTime.

Perubahan lain di iOS 13.3 adalah pengaturan baru yang memungkinkan Anda menonaktifkan stiker Memoji dan Animoji agar selalu muncul di keyboard emoji. Dengan iOS 13, Apple meningkatkan keunggulan stiker Memoji-nya dengan menempatkannya langsung di samping emoji biasa.

Mengikuti keluhan banyak pengguna terkait perubahan, Apple telah menambahkan pengaturan baru. Opsi dapat ditemukan di Settings > General > Keyboard > Emoji.

Selain fitur baru, iOS 13.3 juga membawa sejumlah perbaikan bug. Misalnya, memperbaiki masalah dalam Mail yang dapat mencegah pengguna mengunduh pesan baru, menambahkan dukungan untuk kunci keamanan yang sesuai dengan NFC, USB, dan Lightning FIDO2 di Safari, mengaktifkan pembuatan klip video baru saat trimming video di Photos, dan banyak lagi.

Terlepas dari itu, Apple tidak hanya menggelontorkan pembaruan untuk iPhone baru. Apple merilis iOS 12.4.4 untuk iPhone lama dengan peningkatan keamanan dan kinerja. iOS 12.4.4 telah tersedia untuk iPhone 5S, iPhone 6, iPad Air, iPad Mini 2/3. dan iPod touch generasi keenam.

Bersamaan dengan iOS 13.3 dan iPadOS 13.3, Apple juga mengeluarkan pembaruan tvOS 13.3 dan watchOS 6.1.1 ke publik. Update tidak hanya membawa fitur baru tapi juga peningkatan performa dan perbaikan bug.

Editor : Dini Listiyani