Kejahatan Siber dengan Modus Rekayasa Sosial Meningkat Selama Pandemi

Dini Listiyani ยท Selasa, 02 November 2021 - 14:17:00 WIB
Kejahatan Siber dengan Modus Rekayasa Sosial Meningkat Selama Pandemi
Kejahatan Siber dangan Modus Rekayasa Sosial Meningkat Selama Pandemi (Foto: Unsplash)

JAKARTA, iNews.id - Keamanan data menjadi sesuatu yang penting di era digital seperti sekarang. Tidak hanya di media sosial, bagi pemilik akun perbankan juga perlu memerhatikan keamanan data. 

Teguh Aprianto, Cyber Security Research dan Consultant memaparkan terjadinya kenaikan kejahatan siber dengan modus rekayasa sosial (social engineering) selama pandemi. Mengingat, situasi sekarang tidak langsung mendorong perubahan perilaku masyarakat dalam mengadopsi memenuhi berbagai kebutuhan sehari-hari, termasuk kebutuhan perbankan. 

"Sayangnya, hal ini diikuti dengan meningkatnya kejahatan siber yang mengintai para pengguna platform digital, salah satunya yang marak terjadi adalah dengan modus social engineering," kata Teguh. 

Oleh karena itu, kata Teguh, sebagai pengguna layanan, terutama dalam ranah digital, nasabah juga harus lebih berhati-hati saat menerima telepon, pesan singkat, ataupun pesan melalui media sosial yang mengaku dari pihak bank tertentu yang meminta data-data atau informasi bersifat pribadi dan rahasi, atau mengklik suatu link tertentu. 

Editor : Dini Listiyani

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: