Kenali Aplikasi Kuitansi Pembayaran Jurnal.id, dari Fitur hingga Manfaat bagi Bisnis
JAKARTA, iNews.id - Kebutuhan perekonomian di era modern ini, semakin hari kian banyak, terutama di dalam menjalankan sebuah bisnis di suatu perusahaan besar dengan segudang kesibukannya. Dibutuhkan unsur-unsur pendukung manajemen yang mumpuni, seperti marketing yang handal, notaris, dan lain sebagainya.
Salah satu dari unsur pendukung yang dapat membantu mempermudah urusan bisnis di perusahaan, yakni penggunaan aplikasi kuitansi pembayaran dari pihak penyedia yang profesional.
Pada kali ini, akan mengenalkan tentang aplikasi kuitansi pembayaran, mulai dari pengertiannya secara umum dan khusus, jenis-jenisnya, serta manfaat dalam menggunakan aplikasi pendukung kegiatan manajemen tersebut.
Bagi Anda yang memiliki perusahaan, baik di dalam skala menengah, kecil, atau besar, pastinya membutuhkan kuitansi sebagai alat bantu transaksi beserta bukti pembayaran. Namun, pihak perusahaan tentunya bisa lebih menghemat waktu dengan mengandalkan aplikasi kuitansi pembayaran, bukan?
Ada segudang manfaat yang bisa diperoleh dalam penggunaan aplikasi kuitansi pembayaran, nantinya akan dibahas pada bagian akhir artikel. Mulai dari manfaatnya bagi perusahaan, manajemen, keuangan, serta keuntungan apa saja yang bisa didapat dari penggunaan aplikasi tersebut.
Memanfaatkan pihak ketiga untuk menyediakan aplikasi atau software memang bukan urusan yang gratis, perusahaan harus menyiapkan anggaran untuk kepengurusannya, terlebih jika beban pengelolaan diserahkan pada pihak penyedia aplikasi.
Namun, jangan khawatir, perusahaan tidak akan rugi dengan memanfaatkan pihak ketiga yang profesional.
Dengan menggunakan aplikasi kuitansi pembayaran dari pihak ketiga, perusahaan justru akan mendapat keuntungan yang lebih banyak dan memiliki waktu lebih luas untuk memikirkan inovasi baru bagi perusahaan.
Sejatinya, layanan pihak ketiga tidak hanya untuk mengurus bukti pembayaran, tetapi juga dapat memanfaatkan layanan lain seperti manajemen aset, manajemen karyawan, dan sebagainya.
Secara umum, pengertian aplikasi kuitansi pembayaran dibedakan menjadi dua kata, yakni aplikasi dan kuitansi. Menurut wikipedia, aplikasi merupakan perangkat lunak yang terpasang di salah satu bagian komputer yang memanfaatkan kemampuan mesin komputer untuk mengoperasikan tugas-tugas tertentu sesuai dengan kebutuhan penggunanya.
Sedangkan menurut jurnal.id dalam situsnya https://www.jurnal.id/id/software-aplikasi-kwitansi-pembayaran-digital/ menyebutkan, bahwa kuitansi merupakan dokumen khusus yang digunakan sebagai alat bukti adanya transaksi dan diserahkan oleh pihak penerima kepada pemberi uang.
Dengan pengertian tersebut, dapat disimpulkan bahwa aplikasi kuitansi pembayaran merupakan salah satu perangkat lunak yang digunakan pada komputer kantor atau perusahaan untuk segala jenis transaksi, baik kepada klien, pembeli, maupun pada pihak lain yang memiliki kepentingan bersama perusahaan tersebut.
Dalam kasus pihak ketiga atau penyedia aplikasi bukti pembayaran tersebut, perusahaan tidak memanfaatkan jasa perusahaan lain yang bergerak di bidang pendukung. Artinya, ada perusahaan yang khusus menyediakan layanan bagi perusahaan lain, seperti Mekari, ada Mekari Jurnal, Mekari Talenta, Mekari Qontak, dan lain sebagainya.
Perusahaan tersebut menyediakan layanan bagi perusahaan yang kesulitan menangani urusan-urusan internalnya, seperti urusan keuangan, manajemen karyawan, konsultasi bisnis, hingga manajemen aset perusahaan yang tidak terhitung jumlahnya.
Banyak perusahaan besar di Indonesia yang memanfaatkan pihak ketiga sebagai ‘mitra perusahaan’ mereka. Bahkan, perusahaan-perusahaan milik negara seperti bank, rumah sakit, kantor pos, atau perusahaan swasta yang besar, seperti supermarket dan marketplace raksasa di Indonesia.
Dengan kata lain, menggunakan kinerja komputer untuk mengurusi hal-hal seperti kuitansi pembayaran tentu lebih efektif, ketimbang memanfaatkan tenaga manusia yang terbatas. Manajer tidak dapat mengontrol dan mengakses informasi secara non-stop 24 jam.
Aplikasi kuitansi pembayaran yang dapat dimanfaatkan untuk urusan perusahaan memiliki beragam jenisnya. Menurut berbagai sumber, setidaknya ada tiga rekomendasi aplikasi kuitansi digital sesuai jenis usahanya yang dapat Anda ketahui.
Untuk lebih jelasnya, silahkan baca daftar aplikasi kuitansi pembayaran di bawah ini.
1. Aplikasi Kuitansi untuk Bisnis Kecil
Di era digital seperti sekarang ini, hampir semua urusan sudah melibatkan digitalisasi di dalamnya, baik itu urusan bisnis, pendidikan, pemerintahan, dan yang lain sebagainya.
Digitalisasi yang dimaksud di dalam dunia bisnis seperti halnya transaksi online. Jika di masa lalu seseorang tidak bisa mendapatkan barang yang diinginkan di kotanya, dia terpaksa harus melakukan perjalanan ke luar kota. Mau tidak mau, harus membeli banyak karena sudah menempuh perjalanan jauh.
Namun di zaman modern, Anda cukup membuka smartphone, semua barang yang dicari ada di marketplace kesayangan Anda. Dengan klik tombol beli, barang akan langsung dikirim ke alamat yang telah dicantumkan pada akun marketplace Anda.
Termasuk, pada pemanfaatan aplikasi kuitansi pembayaran secara digital. Bagi Anda yang menjalani bisnis secara online, tentu sudah tidak asing lagi dengan yang satu ini.
Jika Anda ingin menggunakan aplikasi sederhana yang bisa diakses melalui smartphone, cukup mengunduh aplikasi Cash and Receipt.
Aplikasi tersebut merupakan alat bantu pembayaran yang sangat sederhana dan mudah untuk digunakan. Anda dapat menggunakannya secara gratis untuk bisnis Anda.
Namun, jika ingin menggunakan aplikasi tersebut dengan fitur yang lebih lengkap, Anda bisa beralih ke mode premium atau layanan berbayar dari aplikasi kuitansi pembayaran tersebut.
2. Aplikasi Kuitansi untuk Bisnis Menengah
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika ingin melakukan atau mencetak kuitansi sebelum Anda benar-benar menyerahkannya kepada klien atau pelanggan.
Hal pertama yang harus diperhatikan adalah, pastikan Anda tidak menekan kuitansi kosong pada klien, agar tidak terjadi penyalahgunaan kuitansi oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.
Kedua, pastikan Anda teliti untuk menuliskan nama klien yang membeli barang dari perusahaan, agar tidak tertukar atau terjadi kesalahpahaman. Selain itu, jangan lupa untuk selalu mencantumkan tempat, tanggal, dan tanda tangan dari penerima uang.
Nah, lalu apa saja aplikasi penyedia layanan kuitansi digital yang cocok digunakan untuk bisnis skala menengah?
Sejatinya, ada banyak aplikasi yang bisa dimanfaatkan jika perusahaan Anda memiliki inovasi dan potensi untuk terus berkembang pesat.
Di antara penyedia layanan aplikasi seperti Mekari Jurnal, mereka juga bersedia untuk memberi saran dan konsultasi pada perusahaan Anda. Sebab, demi mendukung perkembangan bisnis yang ada di Indonesia, penyedia layanan tersebut akan senantiasa memberikan yang terbaik bagi perekonomian di Tanah Air
3. Aplikasi Kuitansi untuk Bisnis dengan Skala Besar
Terakhir, yakni aplikasi keuangan yang cocok untuk perusahaan dengan skala besar. Sebenarnya, tidak jauh berbeda dari rekomendasi aplikasi pada jenis usaha kedua. Anda dapat memanfaatkan layanan pihak ketiga seperti Mekari Jurnal yang akan mendukung segala jenis usaha yang dijalankan.
Selain itu, dalam menjalankan bisnis, terutama di perusahaan besar, tentunya ada banyak hal yang harus dilakukan oleh seorang manajer dan bagian-bagian di bawahnya, termasuk keuangan.
Jika hanya mengandalkan tenaga manusia, akan sulit untuk dikontrol. Sementara itu, manajemen tidak punya cukup banyak waktu untuk mengontrol laporan keuangan satu persatu.
Seperti yang sudah disebutkan pada awal-awal pembahasan, ada banyak sekali manfaat dari penggunaan aplikasi kuitansi digital bagi bisnis Anda, baik untuk bisnis kecil, menengah, hingga kelas-kelas bisnis tinggi yang sudah pasti menggunakannya.
Terlebih lagi, zaman sekarang kebutuhan digital sudah menjadi wajib, mengingat kemajuan teknologi juga semakin pesat. Hampir semua layanan menggunakan digitalisasi untuk pemasaran hingga transaksinya.
Nah, melalui berbagai sumber telah diringkas tiga manfaat utama dalam penggunaan aplikasi kuitansi pembayaran, simak selengkapnya.
1. Mempermudah Administrasi dan Pelaporan
Manfaat pertama yang paling dirasakan oleh manajemen saat menggandeng pihak ketiga sebagai penyedia aplikasi kuitansi pembayaran adalah kemudahan dalam mengurus administrasi. Sebab, segala jenis transaksi secara otomatis akan tersimpan dan terdata di database, baik dikelola oleh manajemen atau oleh pihak ketiga.
Di akhir periode, manajer tinggal menerima laporan dalam bentuk jadi dan membawanya dalam evaluasi tanpa harus repot-repot mengumpulkan data satu persatu. Sangat mudah, bukan?
Dengan begitu, dalam mengerjakan tugas harian, manajer tidak akan terbebani dengan urusan administrasi terutama di bagian transaksi yang sering lolos dari pengawasan. Hal ini juga meminimalisir terjadinya kerugian di dalam menghitung keuangan. Anda tidak lagi harus bekerja lembur untuk menghitung uang di kantor.
2. Membantu Kontrol Manajemen
Selaku pihak manajemen, semua yang terjadi di perusahaan harus terkontrol dengan baik. Namun, kadang kala manajemen tidak bisa memperhatikan hal-hal kecil seperti transaksi-transaksi yang terjadi setiap harinya. Ada ratusan bahkan ribuan transaksi setiap hari, belum jika perusahaan Anda memiliki cabang di mana-mana.
Semakin banyak transaksi yang terlewat dalam pelaporan jika Anda masih menerapkan perhitungan manual di dalam transaksi tersebut. Seperti di dalam bisnis supermarket misalnya, ratusan transaksi terjadi setiap hari.
Meski pelanggan menerima nota secara fisik, setiap transaksi harus tersimpan dalam bentuk digital dan pengelolaannya harus benar-benar terpantau. Dengan menggunakan layanan pihak ketiga, tentunya hal tersebut akan semakin mudah.
3. Mempercepat Transaksi
Transaksi yang terjadi baik dengan klien, pelanggan, atau pihak lain yang berurusan dengan perusahaan, harus berada di dalam pantauan serta proses yang cepat.
Dengan memanfaatkan layanan pihak ketiga seperti Mekari Jurnal, perusahaan bisa dengan cepat melakukannya. Dibandingkan dengan proses transaksi manual, penggunaan aplikasi kuitansi pembayaran jauh lebih efektif.
Dengan proses yang cepat dan efektif, hal ini tentunya akan meningkatkan kenyamanan pihak lain serta kepercayaan mereka pada perusahaan Anda.
Kendati menggunakan pihak ketiga sebagai penyedia layanan aplikasi kuitansi pembayaran di perusahaan, Anda juga harus senantiasa melakukan kontrol terhadap segala jenis laporan dan transaksi.
Bukti pembayaran yang cepat dan akurat menjadi salah satu faktor yang menyebabkan orang memilih perusahaan mana yang bisa diandalkan. Jika perusahaan lambat dalam menjalankan proses transaksi, maka kecil kemungkinan klien tersebut akan kembali ke perusahaan itu. Perbedaannya sangat jelas, bukan?
Sebagai penutup, ada satu rekomendasi pihak ketiga yang patut untuk dipertimbangkan dalam memilih mitra bisnis yang dapat menyediakan layanan aplikasi kuitansi pembayaran terbaik. Dia adalah Mekari Jurnal yang dapat Anda akses melalui website resmi Jurnal.id.
Nah, demikian pembahasan yang dapat kami ulas, semoga bermanfaat.
Editor: Anindita Trinoviana