Keren, Robot AI Dipilih sebagai Pemeran Utama dalam Film Fiksi

Dini Listiyani ยท Sabtu, 27 Juni 2020 - 16:08 WIB
Keren, Robot AI Dipilih sebagai Pemeran Utama dalam Film Fiksi

Robot AI dipilih sebagai pemeran utama (foto: Life Productions Inc.)

CALIFORNIA, iNews.id - Robot tentu saja berbeda dengan manusia. Pada umumnya, robot tidak menampilkan emosi karena mereka tidak bisa merasakan.

Karena kekurangan robot, ada saja yang berpendapat pekerjaan tertentu tidak bisa digantikan robot. Misalnya, pekerjaan ber-acting.

Di Hollywood, tampaknya robot AI telah digunakan untuk pemeran utama dalam film fiksi ilmiah mendatang. Film akan didukung oleh Bondit Capital Media, Happy Moon Productions, dan Ten Ten Global Media, yang semuanya akan berkontribusi pada anggaran 70 juta dola AS untuk produksi film berjudul ‘b.’

Film yang menampilkan robot sebenarnya memang sudah pernah diputar. Namun, b akan menjadi film pertama yang menampilkan robot berbasis AI sebagai peran utama, sebagaimana dikutip dari Ubergizmo, Sabtu (27/6/2020).

Robot, bernama Erica, diciptakan ilmuwan Jepang Hiroshi Ishiguro dan Kohei Ogawa yang mengajarkan robot bagaimana bertindak dengan menerapkan prinsip-prinsi metode acting pada AI-nya.

“Dalam metode acting lain, aktor melibatkan pengalaman hidup mereka sendiri dalam peran tersebut. Tapi, Erica tidak memiliki pengalaman hidup. Dia diciptakan dari awal untuk memainkan peran. Kami harus mensimulasikan gerakan dan emosinya melali sesi satu lawan satu seperti mengendalikan kecepatan gerakannya, berbicara melalui perasaanya, dan melatih pengembangan karakter serta bahasa tubuh,” ujar salah satu kreator film, Sam Khoze.

Film b berkisah pada seorang ilmuwan yang telah menemukan bahaya program yang dia ciptakan untuk menyempurnakan DNA manusia sambil membantu perempuan AI yang dia ciptakan melatih diri.

Editor : Dini Listiyani