Perang Bintang, China Luncurkan Pesawat sedangkan AS Kirim Robot ke Mars

Ahmad Islamy Jamil ยท Selasa, 02 Juni 2020 - 08:49 WIB
Perang Bintang, China Luncurkan Pesawat sedangkan AS Kirim Robot ke Mars

Planet Mars. (Foto: Istimewa)

BEIJING, iNews.id – Misi pertama China ke Mars diperkirakan akan diluncurkan pada kisaran waktu yang sama ketika Amerika Serikat mengirimkan robot penjelajahnya ke Planet Merah pada musim panas tahun ini.

Pesawat ruang angkasa milik negeri tirai bambu bernama Tianwen-1 akan lepas landas dengan roket Long March 5 pada Juli atau Agustus. “Pesawat diperkirakan akan mencapai Mars pada Februari,” kata Kepala Komite Sains dan Teknologi Badan Usaha Antariksa China, Bao Weimin, dikutip SCMP, Senin (1/6/2020).

Peluncuran Tianwen-1 bertepatan dengan misi penjelajahan kelima Badan Antariksa AS (NASA) ke Mars. NASA berencana untuk meluncurkan robot penjelajah Perseverance pada 17 Juli. Robot itu diperkirakan mendarat di Planet Merah pada 18 Februari.

Dua misi dari beda negara itu akan diluncurkan ketika bumi dan Mars berada di titik terdekatnya, sehingga pesawat ruang angkasa dapat melakukan perjalanan dengan cara tercepat dan paling hemat bahan bakar. Posisi optimal antarplanet ini terjadi setiap 26 bulan.

Tim China akan memanfaatkan pengalaman mereka dari misi penjelajahan bulan yang sukses untuk memastikan pendaratan yang aman di Mars nanti. Uji coba pendaratan di Mars pun telah dilakukan tahun lalu. Tes itu menyimulasikan proses perlambatan, pelayangan, pendeteksian bentang alam untuk menghindari rintangan dan pendaratan lunak.

Robot penjelajah bulan Yutu-2 milik China adalah yang pertama mendarat di sisi jauh satelit bumi itu pada Januari tahun lalu. Operasinya telah ditangguhkan, sementara persiapan kontrol lapangan untuk peluncuran Tianwen-1 sedang berlangsung. China akan meluncurkan penyelidikan lain di bulan, yaitu dengan meluncurkan robot misi tak berawak Chang'e-5 pada akhir tahun ini untuk membawa kembali sampel dari bulan.

Cina telah berlomba untuk mengejar Amerika Serikat dan Rusia dan berambisi menjadi kekuatan antariksa utama pada 2030.

Upaya pertama China untuk mencapai Mars kandas pada 2012, ketika pesawat ruang angkasa Phobos-Grunt Rusia yang membawa wahana Yinghuo-1 China gagal melampaui orbit bumi dan akhirnya pecah di atas Samudera Pasifik. Empat tahun kemudian, Beijing meluncurkan program Mars sendiri.

Editor : Ahmad Islamy Jamil