Listrik Rumah Bermasalah, Bisa Pakai Aplikasi Mobile ListriQu
JAKARTA, iNews.id - Memasuki era digital layanan publik semakin dimudahkan dengan kehadiran aplikasi mobile. Salah satunya aplikasi ListriQu.
Seperti apa layanan pada platform tersebut? Aplikasi ini hadir untuk menunjang pelanggan listrik PT PLN dalam pengaduan masalah kelistrikan atau instalasi listrik di rumah secara cepat, akurat dan transparan.
Bagaimana cara memanfaatkan aplikasi ini? Konsumen dapat menggunakan layanan ini dengan menginstal aplikasi ListriQu di Playstore. Dalam pengoperasiannya saat pengaduan user akan dipandu fitur dalam aplikasi. Selain itu, aplikasi ini dibekali fitur scan QR Code untuk membuktikan petugas yang datang adalah dari ListriQu.
"Value yang kami tawarkan untuk layanan ini kecepatan respons, petugas pelayanan yang memiliki sertifikasi kompetensi kelistrikan, kualitas material yang memenuhi standar SNI, Transparansi harga dan garansi produk," ujar Direktur Utama Haleyora Power, Ahmad Taufik Haji dalam peluncuran aplikasi ListriQu di Jakarta, Minggu (17/2/2019).

Dia mengungkapkan cakupan layanan instalasi pelanggan ListriQu tersedia di kota Jakarta dan secara bertahap akan melayani di wilayah Jabodetabek dan Provinsi Banten hingga akhir Maret 2019. Diharapkan pada akhir 2019 Layanan ListriQu akan tersebar ke seluruh provinsi Pulau Jawa.
"Semoga bergulirnya layanan ListriQu ini dapat menjadi salah satu solusi terkait kebutuhan layanan instalasi listrik untuk konsumen dengan layanan yang cepat dan berkualitas," kata Ahmad Taufik.
Direktur Pembinaan Tenaga Kelistrikan PLN, Hendra Iswahyudi menuturkan, ListriQu hadir dilatarbelakangi pengalaman Haleyora Power selama lima tahun dalam pelaksanaan pekerjaan Pelayanan Teknik (Yantek) pada unit-unit PLN. Tercatat, laporan kerusakan instalasi milik pelanggan mencapai 18 persen dari keluhan yang masuk ke Call Centre 123 PLN. Untuk wilayah DKI Jakarta dan Banten mencapai 48 ribu laporan per bulan atau sekitar 8.000 laporan kerusakan instalasi milik pelanggan.
"Kebutuhan layanan instalasi milik pelanggan ini mendorong Haleyora Power untuk menginisiasi program layanan instalasi bekerja sama dengan mitra dari perusahaan instalatir yang selama ini telah berkecimpung di bidang instalasi listrik. Ini agar masyarakat mendapatkan solusi atas kebutuhan terkait layanan instalasi listrik," ujarnya.

Dalam pengembangan aplikasi mobile ListriQu, Haleyora Power bekerja sama Icon+ menggabungkan sumber daya dan pengalaman masing-masing mengembangkan produk layanan dalam penanganan gangguan instalasi berbasis aplikasi mobile.
Ketua Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Tulus Abadi menyambut baik kehadiran aplikasi ini. Dia menilai ListriQu memiliki akuntabilitas sangat tinggi.
"Ini menjadi sangat transparan dalam layanan konsumen. Diharapkan dengan ada petugas yang tersertifikasi bisa memberikan layanan terbaik, dan diharapkan harganya lebih kompetitif atau bahkan lebih murah," katanya.
Editor: Dani M Dahwilani