Menjadi Warga Digital yang Bijak: Hadapi Arus Hoax

Tangguh Yudha · Senin, 03 Oktober 2022 - 22:00:00 WIB
Menjadi Warga Digital yang Bijak: Hadapi Arus Hoax
Menjadi Warga Digital yang Bijak: Hadapi Arus Hoax (Foto: BuddyKu)

JAKARTA, iNews.id - Siber Kreasi dan BuddyKu menyajikan sebuah acara webinar yang bertemakan “Mengenali Berita Palsu.” yang dihadiri lebih dari 250 peserta secara streaming dengan zoom meeting, Senin (03/10/22) pukul 15.00 yang dibuka dan dimoderatori oleh Stefani Dwinatalia dari BuddyKu.

Dihadirkan sejumlah narasumber yang berkompeten seperti Indriyanto Banyumurti yang berprofesi sebagai seorang e-goverment consultant dan juga sebagai relawan TIK di Indonesia, selanjutnya Tommy Tjokto yang berprofesi sebagai Chief of Content di BuddyKu.

Langsung pemaparan diberikan oleh Indriyanto mengenai era digital dimana media sosial yang massif digumakan dan membuka peluang bagi setiap orang menjadi pemberi informasi. Pemaparan juga diberikan melalui pertanyaan yang mengajak peserta untuk menjadi kritis mengenai keadaan dunia digital saat ini, media sosial saat ini pun dapat menjadi 2 kategori yang dipertanyakan apakah mempersempit atau memperluas wawasan bagi penggunanya dikarenakan media sosial yang kini memiliki fitur algoritma yang membuat informasi berita yang ada atau yang kita lihat pada beranda kita sesuai dengan apa yang kita sukai. 

Hal tersebut membuat masyarakat digital menjadi lemah dalam membatasi informasi karena segala informasi yang serupa bisa masuk begitu saja. Dalam proses penerimaan informasi pun, masyarakat saat ini memiliki pola berbeda yang membuat mereka menerima informasi dengan lebih mendasarkan kepada kepercayaan bukannya fakta atau kebenaran. 

Narasumber Tommy Tjokro menambahkan, betapa pentingnya kini memperhatikan setiap informasi yang kita terima dan juga memikirkan dampak dari berita yang akan kita sebarkan. 

Karena jangan sampai kita memberikan atau menyebarkan berita uang membuat spekulasi atau mendorong opini publik sehingga bahkan merugikan satu pihak tertentu. Sebagai warga digital yang bijak, kita harus mengutamakan adanya kualitas dari isi informasi atau konten yang kita akan bagikan.

Editor : Dini Listiyani

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda