Microsoft Matikan Cortana untuk iOS dan Android

Dini Listiyani ยท Sabtu, 01 Agustus 2020 - 09:15 WIB
Microsoft Matikan Cortana untuk iOS dan Android

Microsoft matikan Cortana untuk iOS dan Android (Foto: Microsoft)

MENLO PARK, iNews.id - Microsoft ingin masuk ke pasar asisten digital dan meluncurkan Cortana beberapa tahun yang lalu. Namun, Cortana belum mendapatkan perhatian pengguna meski sudah diluncurkan di iOS dan Android.

Oleh karena itu, Microsoft berencana untuk mematikan aplikasi Cortana di iOS dan Android. Menurut Microsoft, mereka perlu menyesuaikan area fokus dalam inovasi dan pengembangan.

“Ketika kami melakukan perubahan menuju pengalaman asisten bertenaga AI dalam Microsoft 365 yang transformasional, kami perlu menyesuaikan are fokus inovasi dan pengembangan untuk memberikan bantuan kepada pelanggan di tempat yang paling mereka butuhkan. Akibatnya, kami membuat perubahan pada beberapa fitur dan fungsionalitas berpusat pada konsumen Amerika Serikat dengan penggunaan yang lebih rendah,” kata Microsoft.

Namun, ini tidak berarti Microsoft telah selesai dengan Cortana atau mereka sepenuhnya membunuhnya. Sebaliknya, Cortana akan terus hidup di dalam iOS dan Android, sebagaimana dikutip Ubergizmo, Sabtu (1/8/2020).

Tapi, Cortana akan hidup dengan diintegrasikan dalam aplikasi Microsoft 365. Jadi, jika benar-benar harus menggunakan Cortna, Anda masih dapat mengaksesnya di dalam aplikasi ini.

Dukungan untuk keterampilan Cortana pihak ketiga akan ditinggalkan pada 7 September. Sementara dukungan untuk aplikasi utama akan berakhir pada awal 2021.

Editor : Dini Listiyani