Microsoft Umumkan Kehadiran Xbox Series X, Mulai Tersedia Akhir 2020

Dini Listiyani ยท Sabtu, 14 Desember 2019 - 08:08 WIB
 Microsoft Umumkan Kehadiran Xbox Series X, Mulai Tersedia Akhir 2020

Xbox Series X (Foto: YouTube/Xbox)

REDMOND, iNews.id - Microsoft memperkenalkan konsol game generasi terbaru, Xbox Series X. Xbox Series X adalah rilis konsol keempat dari Microsoft dan akan tersedia untuk pembelian musim liburan 2020.

Xbox Series X adalah penerus konsol Xbox One dan Xbox One X dan pengumuman hari ini memberikan wawasan terkait desain akhir perangkat. Konsol yang sebelumnya dikenal sebagai Project Scarlett memiliki desain vertikal.

Microsoft mengatakan Series X dapat ditempatkan secara horizontal juga. Di bagian depan, chassis memiliki vertical disc slot dengan tombol pelepasan di sebelahnya.

Ditemukan juga port USB-A tunggal bersama dengan tombol yang tidak dikenal di sebelahnya. Logo Xbox yang bersinar terdapat di sudut kiri atas dan kemungkinan bertindak sebagai tombol daya.

Bagian atas perangkat memiliki grill ventilasi dengan pencahayaan hijau. Dari tampilannya, solusi termal dan pendinginan mirip dengan Apple Mac Pro 2013, di mana udara dingin ditarik masuk dari bawah dan dikeluarkan lewat grill di atas.

Sayangnya, di bagian belakang sengaja dikaburkan di semua materi promosi, sehingga Xbox Series X masih menyimpan kejutan bagi penggemarnya, sebagaimana dikutip dari GSM Arena, Sabtu (14/12/2019).

Secara spesifikasi, Xbox Series X dilengkapi dengan CPU dan GPU generasi terbaru dari AMD. CPU berbasis pada arsitektur Zen 2 baru yang ditemukan dalam seri CPU desktop Ryzen 3000.

Sedangkan GPU didasarkan pada arsitektur RDNA yang ditemukan dalam seri desktop Radeon RX5000 yang baru. Konsol Microsoft yang baru juga menampilkan flash storage terintegrasi untuk waktu loading yang lebih cepat.

Microsoft memiliki beberepa klaim untuk jenis kinerja yang dapat diharapkan dari konsol barunya. Xbox Series X diklaim memiliki 4 kali kinerja Xbox One X.

Artinya, Xbox Series X dapat mendukung video 4K pada 60fps atau bahkan 120fps dalam beberapa kasus. Konsol juga dapat memproduksi 8K, meskipun kemungkinan rendering aktual akan tetap terbatas pada 4K.

Sejauh ini belum banyak yang dibagikan Microsoft. Tapi, raksasa pembuat software disinyalir akan memberikan banyak detail mengenai Xbox Series X pada E3 2020 nanti.

Editor : Dini Listiyani