NASA Juno Tangkap Foto Pertama Bulan Jupiter

Okezone · Senin, 27 Juli 2020 - 19:05 WIB
NASA Juno Tangkap Foto Pertama Bulan Jupiter

NASA Juno tangkap foto pertama Bulan Jupiter (Foto: NASA)

JAKARTA, iNews.id - NASA Juno mempelajari Jupiter. Untuk pertama kalinya, Juno menangkap gambar serta mempelajari fenomena dari kutub Utara Ganymade, Bulan milik Jupiter.

Selain menjadi bulan terbesar di Tata Surya, Ganymede juga satu-satunya yang memiliki medan magnetnya sendiri dan lautan di bawah permukaan (seperti sesama bulan Galilea, Europa) dengan lebih banyak air daripada gabungan semua air permukaan Bumi.

Mengutip Iflscience, interaksi antara permukaan es dan medan magnetnya adalah salah satu alasan NASA memilih untuk melakukan pengamatan ini. Plasma dari medan magnet besar Jupiter bergerak ke bulan, di mana garis medan magnet membawa partikel bermuatan menuju kutub.

Di Bumi, kita dapat melihat aurora ketika partikel-partikel tersebut terbanting ke atmosfer. Namun tidak dengan Ganymede, ia tidak memiliki atmosfer yang signifikan sehingga partikel-partikel akan mengenai permukaan es.

"Data JIRAM menunjukkan es di dan di sekitar kutub utara Ganymede telah dimodifikasi oleh presipitasi plasma," kata Alessandro Mura, seorang peneliti Juno di Institut Nasional untuk Astrofisika di Roma.

Pekerjaan utama JIRAM adalah mempelajari emisi inframerah dari lapisan cuaca Jupiter, di bawah awan yang berputar-putar. Gambar-gambar itu dikumpulkan pada 26 Desember 2019, sekitar 100.000 kilometer (62.000 mil) dari permukaan Bulan. Juno diperkirakan akan terus bekerja selama satu tahun lagi.

Pada 30 Juli 2021, pesawat ruang angkasa akan keluar dari orbit ke Jupiter untuk menghilangkan risiko mencemari bulan-bulan es yang mengelilingi planet ini.

Badan Antariksa Eropa berencana untuk meluncurkan JUICE (JUpiter ICy moons Explorer) pada tahun 2022, yang akan mengeksplorasi Ganymede, Europa, dan Callisto mulai 2029.

Editor : Dini Listiyani