Peneliti Temukan Bug Berbahaya di SHAREit Android, Berpotensi Bajak Fitur Sah

Fikri Kurniawan ยท Rabu, 17 Februari 2021 - 13:05:00 WIB
Peneliti Temukan Bug Berbahaya di SHAREit Android, Berpotensi Bajak Fitur Sah
Aplikasi SHAREit (Foto: SHAREit)

MOUNTAIN VIEW, iNews.id - Bug Berbahaya yang belum ditambal selama 3 bulan diteukan di aplikasi Android. Parahnya, aplikasi Android tersebut telah diunduh lebih dari 1 miliar kali. 

Aplikasi yang dimaksud adalah SHAREit Android. SHAREit adalah aplikasi seluler yang memungkinkan pengguna berbagi file dengan teman atau antar smartphone.

Bug tersebut dapat dieksploitasi untuk menjalankan kode berbahaya pada smartphone yang memasang aplikasi SHAREit. Hal tersebut diungkap oleh Echo Duan, seorang analis ancaman pada perangkat mobile dari Trend Micro.

Menurut Duan, akar penyebab kerentanan keamanan adalah kurangnya batasan yang tepat mengenai siapa yang dapat memanfaatkan kode aplikasi. Dia menyebut, aplikasi berbahaya yang dipasang pada perangkat pengguna dapat melakukan serangan jaringan dan dapat mengirim perintah jahat ke aplikasi SHAREit.

Selain itu, bug ini juga dapat membajak fitur sahnya untuk menjalankan kode khusus, menimpa file lokal aplikasi, atau instal aplikasi pihak ketiga tanpa sepengetahuan pengguna.

Menurut laporan dari Dean, SHAREit juga rentan terhadap serangan Man-in-the-Disk, yang mengakses penyimpanan di dalam smartphone dan bisa mengedit, menghapus, atau mengganti file oleh pelaku.

"Kami melaporkan kerentanan ini kepada vendor yang belum merespons," kata Duan dikutip dari ZDnet, Rabu (17/2/2021).

Editor : Dini Listiyani

Halaman : 1 2