Perbedaan Http dan Https

Dini Listiyani ยท Sabtu, 19 Juni 2021 - 15:08:00 WIB
 Perbedaan Http dan Https
Internet (Foto: Unsplash)

JAKARTA, iNews.id - Perbedaan Http dan Https mungkin tidak banyak diketahui. Mengingat, Http dan Https ini terlihat sama jika dilihat secara kasat mata. 

Pada bar alamat browser Anda, URL setiap website yang dikunjungi selalu dimulai dengan HTTP atau HTTPS. Lantas apa perbedaan sebenarnya antara Http dan Https ini?

Apa itu Http?
Http kependekan dari Hypertext Transfer Protocol. Http adalah protokol permintaan atau tanggapan berdasarkan mode komunikasi klien atau server. Klien atau agen pengguna adalah browser web Anda atau perangkat lain yang dapat mengakses, menerima, dan menampilkan konten web.

Klien mengirimkan pesan permintaan ke server yang menghosting konten HTML dan membalas dengan pesan respons yang mungkin berisi konten HTML yang diminta oleh klien. Pesan respons adalah konfirmasi server telah berhasil menerima pesan Permintaan.

Jadi, HTTP dapat dianggap sebagai buku aturan yang dirujuk oleh browser web Anda, seperti apa yang harus dilakukan ketika Anda menekan enter setelah mengetik alamat situs web. Ini adalah protokol Stateless, yang berarti tidak ada hubungan antara dua perintah HTTP berurutan yang diberikan ke situs web. 

Selanjutnya, daftar Kode Status digunakan oleh server web untuk memberi tahu browser Anda jika ada masalah. Misalnya, "404 Not Found" digunakan saat halaman web tidak ada di URL yang dimasukkan di browser.

HTTP menggunakan TCP (Transmission Control Protocol) Port 80 yang andal untuk mengirim dan menerima paket data melalui jaringan untuk aplikasi internet seperti email, World Wide Web, Transfer File, dll. 

Namun, HTTP juga menggunakan UDP (User Datagram Protocol), yang merupakan protokol yang tidak dapat diandalkan tetapi berkontribusi pada pengurangan latensi jaringan. UDP digunakan untuk streaming langsung (jangan dikelirukan dengan video yang dimuat sebelumnya di YouTube), yang membutuhkan aliran paket berkelanjutan dengan biaya kehilangan paket kecil selama transmisi.

Tambahan terbaru untuk keluarga adalah HTTP/2, yang dikembangkan oleh Kelompok Kerja Protokol Transfer Hypertext dari Satuan Tugas Teknik Internet. Spesifikasi ini telah disetujui sebagai Standar yang Diusulkan oleh IESG pada Februari 2015 dan diterbitkan pada Mei 2015. Semua browser web terkenal telah mengadopsinya.

Editor : Dini Listiyani

Halaman : 1 2 3