Get iNews App with new looks!
inews
Advertisement
Aa Text
Share:
Read Next : Peserta Sambut Positif Pelatihan Kecerdasan Buatan MNC Peduli-MNC University 
Advertisement . Scroll to see content

Perusahaan di Indonesia Perlahan mulai Gunakan Teknologi AI

Rabu, 23 Oktober 2024 - 13:25:00 WIB
Perusahaan di Indonesia Perlahan mulai Gunakan Teknologi AI
Perusahaan-perusahaan di Indonesia mulai memanfaatkan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) untuk memperkuat bisnis mereka. (Foto: KIT Global)
Advertisement . Scroll to see content

JAKARTA, iNews.id - Seiring perkembangan teknologi, perusahaan-perusahaan di Indonesia mulai memanfaatkan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) untuk memperkuat strategi bisnis mereka. Beberapa perusahaan e-commerce besar telah mulai menggunakan AI untuk kebutuhan live streaming.

Di mana AI tidak hanya berfungsi mempromosikan produk tetapi juga berinteraksi dengan pelanggan secara langsung. Ini merupakan perubahan yang signifikan dari pendekatan tradisional, di mana tenaga manusia selalu memainkan peran utama dalam promosi produk.

“Kami sudah melihat kampanye serupa di negara-negara, seperti India dan Vietnam, tetapi di Indonesia, adopsi teknologi ini masih dalam tahap awal. Namun, kami percaya bahwa perusahaan-perusahaan yang mulai mengintegrasikan AI akan mendapatkan keuntungan kompetitif signifikan, baik dari segi efisiensi operasional maupun peningkatan brand image,” ujar Country Manager KIT Global Indonesia dan Vietnam, Risa Kusumaningrum dalam keterangan persnya dilansir Rabu (23/10/2024).

Dia menuturkan, tengah dampak tech winter yang memengaruhi banyak perusahaan teknologi di seluruh dunia, efisiensi biaya menjadi faktor kunci dalam kelangsungan bisnis. Satu konten yang dihasilkan AI dapat digunakan di berbagai platform dan wilayah selama setahun penuh tanpa memerlukan sering pembaruan. 

Selain itu, setidaknya 80 persen pelanggan cenderung membeli dari perusahaan yang menawarkan pengalaman pelanggan yang dipersonalisasi.

Penggunaan AI dalam kampanye digital adalah salah satu yang paling signifikan hasilnya. Penggunaan AI tidak hanya membantu efisiensi biaya influencer atau kreator konten, tapi juga memberikan hasil lebih terukur. Dengan begitu, AI akan menjadi alat penting bagi bisnis Indonesia untuk tetap kompetitif di pasar yang terus berkembang.

Risa menerangkan dalam proses R&D pihaknya telah mengembangkan KAI, yaitu inovasi Asisten AI yang dirancang untuk memaksimalkan performa platform dan layanan pemasaran. KAI dikembangkan secara bertahap, yaitu dimulai sebagai chatbot yang menyediakan informasi dasar bagi publik. 

Follow WhatsApp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut