Ponsel Jeff Bezos Diretas via WhatsApp, Facebook Berikan Tanggapan

Dini Listiyani ยท Sabtu, 25 Januari 2020 - 09:03 WIB
Ponsel Jeff Bezos Diretas via WhatsApp, Facebook Berikan Tanggapan

Ilustrasi (Foto: Pixabay)

SAN FRANCISCO, iNews.id - Ponsel Jeff Bezos diretas. Sempat diam, Facebook akhirnya buka suara terkait hack ponsel yang dialami oleh bos Amazon tersebut.

Selama beberapa hari terakhir muncul laporan putra mahkota Arab Saudi Mohammed Bin Salman mengirim video berisi malware ke Jeff Bezos via WhatsApp. Hal itu memungkinkan peretas mengakses data pribadi Bezos.

Facebook tetap bungkam terkait dengan peretasan ponsel Bezos hingga Kamis kemarin. Tapi kini, raksasa jejaring sosial itu akhirnya buka suara terkait kasus tersebut.

Di kamp yang dikenal sebagai Davos, Nicola Mendelsohn, VP Facebook untuk Eropa, Timur Tengah, dan Afrika mengatakan kepada Bloomberg perusahaan menanggapi tuduhan itu dengan serius. Dia menyalahkan ponsel yang digunakan Bezos terkait hack tersebut.

"Salah satu hal yang disoroti sebenarnya adalah beberapa potensi kerentanan mendasar yang ada di sistem operasi aktual ponsel. Dari perspektif WhatsApp, dari perspektif Facebook, hal yang paling kami pedulikan, hal yang kami investasikan adalah memastikan informasi yang dimiliki orang bersama kami aman dan terlindungi,"katanya sebagaimana dikutip dari Mashable, Sabtu (25/1/2020).

Ponsel yang dipakai oleh Bezos adalah iPhone X. Artinya, sistem operasi dalam kasus ini adalah versi iOS. Mendelsohn sebagian besar benar mengingat enkripsi end-to-end WhatsApp.

Dalam kasus ini, Bezos menerima pesan yang terinfeksi dari nomor yang dia percaya. Namun, bukan berarti WhatsApp tidak rentang terhadap flaws dan spyware.

Seperti yang ditulis Recode, pengaturan default di WhatsApp memungkinkan ponsel Bezos mengunduh file video dan malware apa pun di dalamnya secara otomatis. Anda bisa memilih keluar dari fitur ini supaya hal serupa tidak terjadi.


Editor : Dini Listiyani