Rian Fahardhi, Presiden Gen Z, Konten Kreator Paling Cihui!

Tangguh Yudha · Kamis, 06 Oktober 2022 - 19:38:00 WIB
Rian Fahardhi, Presiden Gen Z, Konten Kreator Paling Cihui!
Rian Fahardhi, Presiden Gen Z, Konten Kreator Paling Cihui! (Foto: BuddyKu)

JAKARTA, iNews.id - Rian Fahardhi adalah seorang konten kreator asal Sulawesi Selatan yang dijuluki Presiden Gen Z. Dia cukup produktif dalam membuat konten yang merespon isu-isu viral di Indonesia. Tema kontennya pun beragam, mulai dari hukum, budaya, politik hingga masalah-masalah lingkungan.

Kamis (22/09/2022) tim Buddyku mengajak Rian untuk melakukan wawancara singkat. Kami penasaran apa yang membuat Rian peduli dengan isu-isu yang mungkin bagi generasi Gen Z agak ribet dan membosankan!

Pertama, fakta menarik adalah menjadi Tiktokers dengan banyak followers adalah hal yang tak disangka-sangka. Berawal dari coba-coba, Rian pun memberanikan diri untuk merespons isu-isu sosial melalui platform tiktok.

Di tangan Rian, tiktok tak sekedar menjadi platform entertainment semata. Ia menyelipkan banyak hal yang secara garis besar boleh dibilang sebuah kritisisme sosial yang selama ini kosong bagi generasi Z, –sekelompok generasi yang telah menaruh kehidupan sosialnya pada layar-layar gadget.

Hal menarik lain, konten-konten Rian diproduksi secara independent ditambah public speaking yang kece dan sentuhan sedikit logat Makassar membuat Rian terlihat beda dari konten kreator lainnya.

Menurut Rian, ia adalah seorang anak muda yang datang dari sebuah kampung yang jauh di Sulawesi Selatan. Butuh waktu beberapa jam dari kampung tersebut untuk menuju ke kota Makassar. Tahun ini, ia baru saja menamatkan studi sarjananya di Universitas Syarif Hidayatullah, Jakarta Selatan.

Pada zaman kuliah, hobinya membaca dan menulis. Ia juga kerap kali mengulik hal-hal yang membuatnya penasaran, hingga aktif dalam aktivitas organisasi di kampus. Hal itu menurutnya adalah proses yang baik yang membuatnya dirinya bisa menjadi seperti saat ini.

Sebagai generasi yang lahir di zaman yang pasca-modern ini, Rian pun banyak mengonsumsi bacaan-bacan lawas. Salah satu penulis favoritnya adalah Pramoedya Ananta Toer, penulis realis yang pernah dibuang ke Pulau Buru itu. Dalam wawancaranya bersama tim Buddyku, Rian seringkali mengutip kutipan-kutipan umum milik Pram, tokoh sastra yang dikaguminya.

Editor : Dini Listiyani

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda