Riset Ungkap Perusahaan di Indonesia Berlomba Adopsi Teknologi AI
Adapun dalam survei, beberapa faktor kunci yang mendorong pengadopsian AI generatif, antara lain pengalaman pelanggan serta karyawan inovatif terhadap pasar sebanyak 49 persen. Kemudian, ekspektasi pelanggan untuk dihadirkan pengalaman layanan yang makin cepat dan tepersonalisasi 46 persen. Adapun kebutuhan karyawan menggunakan tools AI generatif 42 persen.
Para C-Suite di Indonesia sangat optimistis perihal pengintegrasian teknologi AI generatif ke dalam bisnis. Mereka juga melakukan aksi nyata agar langkah ini berhasil.
C-Suite juga mengungkapkan IT (41 persen) merupakan lini bisnis paling terdampak dengan adanya teknologi AI generatif, melebihi dampak yang dirasakan bagian front-office, seperti customer service (32 persen), pemasaran (26 persen), serta penjualan (18 persen), meskipun merekalah yang berhadapan langsung dengan pelanggan.
Meski penggunaannya sudah meluas, 93 persen dari para C-Suite percaya masih ada beberapa faktor yang menghambat pengadopsian AI generatif dalam bisnis mereka.
Editor: Dani M Dahwilani