Rumus Pembagian Excel

Dini Listiyani ยท Jumat, 13 November 2020 - 18:15:00 WIB
Rumus Pembagian Excel
Software Microsoft Excel (Foto: Microsoft)

JAKARTA, iNews.id - Rumus pembagian Excel tidak diketahui semua orang. Mengingat, tidak semua orang bekerja dengan melibatkan Excel sehingga rumus-rumusnya tak diketahui.

Rumus Excel pernah dipelajari saat di sekolah. Bagi yang tidak pernah menggunakannya, maka rumus-rumus tersebut akan hilang. Rumus rumus Excel dapat digunakan untuk penjumlahan, pengurangan, pengalian, dan bahkan pembagian.

Sebelumnya, rumus penjumlahan, pengurangan, dan pengalian Excel sudah pernah dibahas iNews.id. Kini, giliran rumus pembagian Excel yang akan dibahas di sini.

Jadi, bagi Anda yang ingin mengetahui rumus pembagian Excel ini ada kabar baiknya. Tanpa berlama-lama berikut ini beberapa rumus pembagian Excel yang dapat digunakan sebagaimana dikutip dari halaman dukung Microsoft, Jumat (13/11/2020).

Membagi Angka dalam Cell

Untuk melakukan tugas ini, gunakan operator aritmatika / (garis miring ke depan). Misalnya, jika Anda mengetik = 10/5 dalam cell, maka cell akan menampilkan hasil 2.

Perlu diperhatikan, pastikan untuk mengetikkan tanda sama dengan (=) di cell sebelum Anda mengetikkan angka dan operator /. Jika tidak, Excel akan menafsirkan apa yang Anda ketikkan sebagai tanggal.

Misalnya, jika Anda mengetik 7/30, Excel mungkin menampilkan 30-Juli di cell. Atau, jika Anda mengetik 12/36, Excel pertama-tama akan mengonversi nilai itu menjadi 12/1/1936 dan menampilkan 1-Des di cell.

Membagi Angka Menggunakan Referensi Cell

Alih-alih mengetik angka secara langsung dalam rumus, Anda bisa menggunakan referensi cell. Misalnya, A2 dan A3, untuk merujuk ke angka yang ingin Anda bagi dan bagi. Cara menyalin contoh

1. Buat workbook atau worksheet kosong.

2. Pilih contoh di topik Bantuan. Jangan select row atau kolom headers.

3. Tekan CTRL+C

4. Di worksheet, select cell A1 dan tekan CTRL + V

5. Untuk beralih antara menampilkan hasil dan rumus yang mengembalikan hasil, tekan CTRL + `(aksen kuburan), atau pada tab Formulas tab, klik tombol Show Formulas.

Editor : Dini Listiyani

Halaman : 1 2