Sejumlah Pelaku UMKM Ekraf Sudah Melek Digital, Ada yang Mengenal NFT

Novie Fauziah ยท Selasa, 29 November 2022 - 17:07:00 WIB
Sejumlah Pelaku UMKM Ekraf Sudah Melek Digital, Ada yang Mengenal NFT
Sejumlah Pelaku UMKM Ekraf Sudah Melek Digital (Foto: Kemenparekraf)

JAKARTA, iNews.id - Pemanfaatan teknologi penting diterapkan di sejumlah sektor. Namun, masyarakat belum sepenuhnya maksimal dalam memanfaatkan teknologi, terlebih untuk promosi, menjual, dan pembayaran. 

Menurut Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf), Angela Tanoesoedibjo survei lapangan menunjukkan pemahaman masyarakat belum sepenuhnya maksimal dalam memanfaatkan teknologi. Hal ini karena masih asing di sebagian kalangan masyarakat, khususnya para pelaku UMKM ekonomi kreatif (ekraf). 

Rata-rata dari pelaku ekraf masih cukup awam dengan digitalisasi. Hal ini ditemukan saat membantu UMKM ekraf untuk on-board ke marketplace agar dapat berjualan produk secara daring. 

Kendati demikian, sebagian pelaku UMKM ekraf sudah mulai melek digital dan berkembang pesat. Menariknya, ada juga pelaku kreatif yang sudah mengenal NFT sebagai digital id. 

Begitu juga dengan pelaku media. Angela menyebutkan kini Indonesia sudah mulai meluncurkan platform OTT-nya sendiri untuk menangkap peluang penonton yang meningkat 25 persen di 2021. 

Angela menjelaskan, banyak pemain lokal yang terus berusaha bersaing dengan asing dalam peta ekonomi digital Indonesia. Hal ini masih memerlukan perhatian di seluruh pemangku kepentingan.

"Kita perlu memastikan pemain dalam negeri juga bisa mengambil peran yang signifikan, setidaknya di dalam negeri," katanya dalam day 3: Future & Ecosystems” (Towards Metaverse, Smart & Safe Nation, Digital Economy & Startup, Future Data Science &AI) secara virtual, Selasa (29/11/2022).

Saat ini, kata Angela, pemerintah melihat peluang peningkatan efisiensi, akuntabilitas, dan juga kualitas pelayanan masyarakat dengan transformasi digital. Angela juga mengatakan beragam pelayanan publik juga sudah mulai terdigitalisasi, termasuk sistem pendaftaran dan pembayaran online untuk visa on arrival.

Editor : Dini Listiyani

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda