Setelah 20 Tahun, Yahoo Messenger Resmi Tutup Mulai Hari Ini

Siska Permata Sari ยท Selasa, 17 Juli 2018 - 16:36:00 WIB
Setelah 20 Tahun, Yahoo Messenger Resmi Tutup Mulai Hari Ini
Yahoo Messenger resmi tutup hari ini. (Foto: Scroll)

SANTA CLARA, iNews.id - Layanan pesan instan Yahoo Messenger resmi ditutup hari ini, Selasa (17/7/2018). Ini adalah salah satu aplikasi pesan instan atau chatting pertama dan telah berdiri sejak 1998. Artinya, sudah 20 tahun Yahoo Messenger hadir sebelum WhatsApp dan Facebook Messenger.

Meskipun ditutup, pengguna masih bisa mengunduh riwayat obrolan mereka selama enam bulan ke depan. Sementara itu, pengguna Yahoo Messenger saat ini juga akan dialihkan ke layanan Squirrel.

Sebelumnya, Verizon sebagai pihak yang mengakusisi Yahoo pada 2017 silam, tak memberikan penjelasan mengenai kemungkinan penutupan layanan messenger tersebut.

"Kami tahu memiliki banyak penggemar setia yang telah menggunakan Yahoo Messenger, sebagai salah satu aplikasi chatting pertama daripada sejenisnya," demikian penjelasan Yahoo, melalui siaran pers Juni lalu, seperti dikutip dari Scroll.in, Selasa (17/7/2018).

Namun, tak menutup kemungkinan pula bahwa Yahoo akan segera memiliki aplikasi chatting berwajah baru yang sesuai dengan perkembangan teknologi saat ini. 

"Karena lanskap komunikasi terus berubah, kami fokus membangun dan memperkenalkan alat komunikasi baru yang menarik dan lebih sesuai dengan kebutuhan konsumen," katanya.

Yahoo Messenger sendiri merupakan salah satu aplikasi pesan instan pertama yang diperkenalkan ke dunia. Namun, belakangan ini, Yahoo Messenger harus bersaing dengan aplikasi chatting yang bermunculan seperti WhatsApp, Facebook Messenger, BBM, dan Snapchat.

Padahal 2009 silam, pengguna Yahoo Messenger telah mencapai angka 122,6 juta pengguna. Terakhir di 2015, Yahoo Messenger juga memberikan fitur terbaru, yaitu fitur unsend.

Editor : Tuty Ocktaviany