Snap: Perubahan Privasi Apple Berimbas pada Bisnis Iklan
Pembaruan iOS 14.5 memaksa pengembang untuk meminta pengguna secara eksplisit setuju untuk membagikan pengenal perangkat mereka (dikenal sebagai IDFA), yang digunakan oleh pengiklan untuk melacak pengguna di seluruh aplikasi dan layanan.
Meskipun Apple mempratinjau perubahan lebih dari setahun yang lalu, pembaruan tidak dirilis hingga April. Sejak itu, analitik pihak ketiga memperkirakan persentase pengguna iOS yang semakin kecil setuju untuk mengizinkan aplikasi melacak mereka.
Snap bukan satu-satunya perusahaan yang telah memperingatkan tentang perubahan iOS Apple pada bisnis iklannya. Facebook, yang telah secara terbuka mengecam perubahan tersebut selama lebih dari setahun, mengatakan perubahan itu akan berdampak besar pada pengembang dan usaha kecil.
Tapi, Facebook juga telah memperingatkan investor perubahan tersebut kemungkinan akan merugikan pendapatan iklannya sendiri pada 2021. Jaringan sosial tersebut melaporkan pendapatan kuartal ketiganya pada hari Senin, ketika akan membagikan seberapa signifikan pengaruhnya.
Editor: Dini Listiyani