SpaceX Kantongi Izin untuk Luncurkan Satelit di Kutub

Dini Listiyani ยท Senin, 11 Januari 2021 - 08:14:00 WIB
SpaceX Kantongi Izin untuk Luncurkan Satelit di Kutub
SpaceX Kantongi Izin untuk Luncurkan Satelit di Kutub (Foto: Ist)

SAN FRANCISCO, iNews.id - FCC mengizinkan SpaceX meluncurkan 10 satelit Starlink ke orbit kutub akhir bulan ini. FCC menerbitkan perintah pada 8 Januari, yang memberikan izin bagi 10 satelit ditempatkan di orbit 560 km dengan kemiringan 97,6 derajat.

Satelit akan diluncurkan sebagai bagian dari misi Transporter-1. SpaceX telah melobi FCC untuk izin peluncuran pesawat orbital kutub selama berminggu-minggu.

Laporan menunjukkan, FCC sedang mempertimbangkan memodifikasi lisensi SpaceX untuk menurunkan orbit satelit yang semula diizinkan untuk ketinggian yang lebih tinggi sebagaimana dikutip dari Slash Gears, Senin (11/1/2021).

Pada November, SpaceX mengeluarkan permintaan izin kepada FCC untuk meluncurkan 58 satelit ke dalam satu bidang orbit kutub. Pada saat itu, SpaceX mengutip peluang peluncuran kutub pada Desember.

Tapi tidak mengidentifikasi peluang tersebut saat itu. SpaceX mengatakan menempatkan beberapa satelit ke orbit kutub akan memungkinkannya memulai layanan di Alaska.

Saat ini, Alaska tidak berada di dalam area jangkauan Starlink karena jaringan satelitnya yang ada di orbit dengan kemiringan menengah. Menurut SpaceX, menempatkan satelit ke orbit kutub akan memungkinkannya menawarkan layanan broadband berkualitas tinggi ke daerah paling terpencil di Alaska.

Editor : Dini Listiyani

Halaman : 1 2