Split Screen Windows 10

Dini Listiyani · Sabtu, 21 Agustus 2021 - 22:00:00 WIB
Split Screen Windows 10
Split Screen Windows 10 (Foto: Digital Trends)

SAN FRANCISCO, iNews.id - Windows selalu menjadi lingkungan hebat untuk multitasking. Di Windows 10, Microsoft memperketat mekanisme gertakan dan memperluas fungsinya. 

Versi terbaru Windows 10 menawarkan sejumlah cara untuk membagi layar Anda menjadi beberapa jendela dan menyelesaikan pekerjaan nyata, dengan dukungan yang lebih baik untuk tampilan resolusi lebih tinggi dan beberapa monitor.

Bantuan Snap
Salah satu kontribusi Windows 10 yang paling penting untuk multitasking layar terpisah adalah Snap Assist, yang memudahkan untuk memilih jendela aplikasi yang terbuka saat Anda memilih aplikasi mana yang akan diatur di layar Anda. Berikut cara menggunakannya:

Langkah 1: Pilih jendela yang ingin Anda jepret ke setengah layar, lalu seret ke tepi.

Langkah 2: Garis besar yang tembus pandang akan muncul. Jika Anda senang dengan itu, lepaskan, dan jendela Anda akan masuk ke posisi itu. Atau, tekan dan tahan tombol Windows dan tombol Panah Kiri atau Kanan untuk mengambil jendela yang terakhir dipilih ke satu sisi layar.

Langkah 3: Jika Anda memiliki jendela atau aplikasi lain yang terbuka, saat Anda mengambil jendela pilihan Anda, Anda juga akan melihat sejumlah opsi yang dapat mengisi paruh kedua. 

BACA JUGA:
Game Windows 10

Klik satu, dan secara otomatis akan masuk ke tempatnya di seberang jendela pertama. Jika tidak dan kisi pilihan menghilang, seret jendela kedua Anda ke tepi ruang kosong.

Langkah 4: Untuk mengubah ukuran kedua jendela, arahkan kursor ke atas garis pemisah hingga menjadi dua panah. Klik dan tahan pada pembagi untuk menyesuaikan kedua jendela. Namun, ada batasan seberapa sempit jendela.

Gunakan pintasan keyboard
Ingin cara yang lebih cepat untuk melakukan ini di keyboard Anda? Ada jalan pintas untuk membagi jendela yang sangat berguna. Di jendela aktif, tekan dan tahan tombol Windows lalu tekan tombol panah Kiri atau Kanan. Ini akan secara otomatis mengambil jendela aktif ke kiri atau kanan. Pilih jendela lain untuk mengisi ruang kosong kedua.

Jika Anda ingin memperluas jendela ke layar penuh lagi, cukup tekan tombol Windows dan tombol panah Atas secara bersamaan. Jika Anda secara tidak sengaja membuat jendela seperempat alih-alih setengah jendela, Anda dapat menggunakan tombol panah Windows dan Atas atau Bawah untuk memperluasnya juga.

Memotret lebih dari dua jendela
Jika Anda memiliki layar besar atau resolusi tinggi, Anda dapat memanfaatkan semua real estat layar ekstra itu dengan menjentikkan hingga empat jendela pada satu layar menggunakan Snap Sudut.

Langkah 1: Seret dan jatuhkan jendela pertama Anda ke sudut mana pun.

Langkah 2: Dengan jendela aktif pertama di sudut, seret dan lepas jendela kedua Anda ke sudut lain yang tersedia. Anda tidak diharuskan untuk memilih sudut tertentu.

Langkah 3: Ulangi Langkah 2 untuk mengisi dua sudut lainnya sesuai kebutuhan.

Editor : Dini Listiyani

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: