Startup Teknologi Berkembang di Tengah Pandemi Covid-19

Riyandy Aristyo ยท Minggu, 30 Agustus 2020 - 16:59 WIB
Startup Teknologi Berkembang di Tengah Pandemi Covid-19

Layanan berbasis digital menjadi alternatif paling efektif bagi pelaku usaha, mendorong startup teknologi berkembang. (Foto: Dusdusan)

JAKARTA, iNews.id - Pandemi Covid-19 memaksa berbagai sektor membatasi layanan bersifat fisik. Layanan berbasis digital kini menjadi alternatif paling efektif bagi pelaku usaha.

Ini berimbas pada pertumbuhan perusahaan rintisan alias startup teknologi dalam pengembangan usaha. Salah satunya dalam mengembangkan layanan digital untuk UMKM

CEO and Co-Founder Startup Dusdusan, Christian Kustedi mengatakan, salah satu kunci pemulihan adalah digitalisasi. Ini sangat bermanfaat terutama bagi pelaku UMKM yang terdampak Covid-19.

"Sejalan dengan ini, selaku platform reseller bisnis online di Indonesia, kami mencoba menghadirkan Program Mentoring Dusdusan x YCAB yakni program pelatihan kewirausahaan digital," katanya dalam keterangan tertulis kepada iNews.id, Minggu (30/8/2020).

Program pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan ibu rumah tangga terkait digital, bagaimana cara memasarkan secara online, sehingga tetap produktif mendapatkan penghasilan tambahan di masa pandemi.

Dalam batch pertama, sebanyak 150 ibu rumah tangga sudah ikut berpartisipasi. Materi yang diberikan meliputi perkenalan dunia digital, pemanfaatan fitur dan bagaimana cara memasarkan produk secara online dan offline.

"Pelatihan digitalisasi ini sifatnya berkelanjutan, akan ada batch atau grup berikutnya dan dapat diikuti oleh siapa saja yang ingin belajar bisnis, mengingat sekarang sebagian besar transaksi jual beli berlangsung secara online," katanya.

Editor : Dani Dahwilani